[Vietnam] Da Nang – Day 2 : Sun World Ba Na Hills

Jumat, 17 Agustus 2018

Setelah edisi (gw) sarapan kilat, kami segera check out dan berjalan menuju KLIA2. Sebelum tiba di Departure Hall, kami memutuskan take away Burger King untuk dibawa ke Da Nang dikarenakan kami masih belum menentukan tempat untuk makan siang di Da Nang dan demi mempersingkat perjalanan menuju Ba Na Hills.

Setelah itu kami mulai masuk ke area Departure Hall. Dari jauh terlihat kalau setiap orang yang membawa koper akan diminta untuk menimbang koper yang mereka bawa. Berat timbangannya pun diperhatikan dengan seksama oleh petugas Air Asia. Imbasnya tak jauh dari tempat berdiri petugas Air Asia, terlihat beberapa orang yang sedang repacking koper.

Bismillah…

Setelah gw lolos dari mbak-mbak penjaga timbangan, berjalanlah gw menuju antrian pengecekan dokumen. Baru saja melangkah, gw mendengar Kakak Cicik memanggil.

“ Kenapa, Mbak? “, tanya gw dari kejauhan.
“ Koper gw gak bisa masuk. “
“ Berapa kg, Mbak ? “
“ Dua belas kg! “
Wakwaaaawww… *zoom in-zoom out-zoom in-zoom out*

Beberapa hari sebelumnya, gw sudah memberikan warning tentang berat koper kabin yang diperbolehkan masuk oleh Air Asia. Apalagi sebelumnya salah satu bos di kantor juga sempat menginformasikan kalau doi harus bongkar koper karena melebihi batas yang diperbolehkan. Dan akhirnya kejadian juga… *mulai duduk dipojokan*

Gw clingak-clinguk mencari anggota rombongan yang lain. Ahjumma dan Bos Adi sudah berhasil masuk sedangkan Fera dan Dwi tidak ada kabar. Kalau menurut kalkulasi, barang yang bisa masuk ke koper gw hanya bisa bertambah 2 kg lagi. Terus sisa 2 kg nya mau dikemanain?
Mari kita coba peruntungan.  >,<

Gw dan Kakak Cicik mulai sibuk ngebongkar koper. Beberapa barang dikeluarkan, dimasukan ke koper gw dan tiba-tiba Kakak Cicik mengeluarkan kantong Doraemon (baca: tas lipat alias tas untuk belanja, Sodara-sodara).

Simsalabim…
Barang-barang pun berpindah masuk ke dalam kantong Doraemon.
Hahaha…

Timbang koper lagi.
Eits, berat koper masih berkutat diangka 10 kg.

Bongkar koper lagi.
Barang-barang kembali di paksa masuk ke dalam kantong Doraemon.

Timbang lagi.
Angka yang tertulis adalah 7,8 kg.

Kami pasang muka memelas dan petugasnya langsung memberikan izin kami masuk. Cihuuuyyy… Kami pun langsung masuk ke area imigrasi, melewati pemeriksaan barang dan boarding gate.

Fyi, barang yang ditimbang dan strict 7 kg itu hanyalah koper!
Untuk kalian yang membawa tas carrier, tas ransel ataupun tentengan, mereka tidak akan menimbangnya. Lolos begitu saja.

Tepat pukul 12.10 pesawat mendarat dengan sempurna di Da Nang International Airport. Setelah urusan imigrasi selesai, kami segera keluar bandara dan bertemu dengan Mr. Tran yang menjemput kami.

Cuaca di Da Nang siang itu sangat panas. Kami segera masuk mobil dan perjalanan selanjutnya menuju Sun World Ba Na Hills (kita singkat jadi Ba Na Hills ya) yang ditempuh selama 50-60 menit.

road to Ba Na Hills

Ba Na Hills

A colonial French hill station established in 1919, Ba Na Hills is an immense mountain resort catering to local and foreign vacationers alike. Ascend the lush tropical forest from a non-stop cable car, the longest and the highest of its kind in the world.

At the top, the view goes all the way to the coast, surveying Da Nang and the surrounding areas. While fog banks frequently obscure the panorama, the rich atmosphere they provide makes up for any slight. Like Dalat and Sapa, Ba Na Hills looks just as good in gray as it does in blue.

Either way, there are more than enough attractions to keep you and your family occupied. The Fantasy Park is the perfect playground, a carnival of rides, video games and activities ranging from air hockey to rock climbing. For the spiritually inclined, there is Linh Ung Pagoda with a 27m tall statue of Thich Ca Buddha. History buffs will enjoy tours of deserted French Villas and a descent into a historical wine cellar.

Addres :
An Son – Hoa Ninh, Hoa Vang prefecture, Danang city, Vietnam

Tel: (84-236) 3791 999
Fax: (84-236) 3791 888
E-mail (sale): banahills@sunworld.vn

Menurut CNN, cable car di Ba Na Hills merupakan salah satu dari 10 cable car terhebat di dunia. Ada tiga titik awal pemberangkatan cable car untuk menuju Ba Na Hills yaitu Hoi An station, Dream Spring station dan Toc Tien station. Untuk jalur Toc Tien – L’Indochine memiliki sistem cable car dengan tali terpanjang di dunia (5.801m) serta selisih ketinggian antara stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan merupakan tertinggi di dunia yaitu 1.368 meter.

Jika kalian akan menginap di Mercure Danang French Village Bana Hills maka titik awal pemberangkatan kalian akan berbeda yaitu kalian naik dari Toc Tien station. Untuk harga tiket masuk ke Ba Na Hills bagi penghuni Mercure Danang French Village Bana Hills menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan tiket pengunjung umum yaitu 400.000 vnd untuk dewasa dan 300.000 vnd untuk anak (tinggi badan 1-1,3 meter). Sedangkan harga tiket bagi pengunjung umum Ba Na Hills dibandrol sebesar 700.000 vnd untuk dewasa dan 550.000 untuk anak-anak.

Sesampainya di Toc Tien station, kami check in dan membayar tiket masuk Ba Na Hills. Setelah beres, kami bergegas naik cable car dengan masing-masing membawa koper. Begitu masuk cable car, pemandangan hutan hijau terhampar didepan mata.

Beberapa dari kami memiliki fobia ketinggian. Ditambah dengan gondola yang memiliki jendela terbuka semakin membuat ‘kerusuhan kecil’ didalam gondola.

Naik cable car namun rasa naik halilintar.. 😛

Karena setiap gondola melewati tiang pancang akan terasa lebih bergoyang. Apalagi kalau kita bergerak dengan signifikan, mulailah terdengar teriakan-teriakan kecil Kakak Cicik dan celotehan Bos Adi. Hahahaha…

Perjalanan menanjak menuju Ba Na Hills selama 20 menit terasa sangat menantang!
Semakin lama terasa semakin tinggi dan kalau liat kebawah, wew… denyut jantung rasa roller coaster. -_-

Kondisi masih tenang sebelum ada teriak-teriakan kecil

Setiba di L’Indochine station, kami menggeret koper menuju Mercure Danang French Village Bana Hills. Kami lapor kembali ke resepsionis. Sambil menunggu kunci kamar, kami melihat Ba Na Hills (atau dikenal dengan area French Village) tampak sangat-sangat-sangat ramai pengunjung. Crowded pisan euy!

Begitu mendapatkan kunci kamar, kami diantar menuju bangunan yang berbeda dengan bangunan utama hotel. Kami memesan dua kamar yaitu satu kamar dengan 2 bunk bed dan satu kamar standar room. Pemandangan dari balkon kamar tampak indah. Serasa tinggal di istana. Hihihi..

Mercure Danang French Village Bana Hills
Receptionist
Standar room
Double bunk bed
Pemandangan dibelakang kamar

Kami segera berberes, makan siang dan shalat.
Next, kami sudah siap untuk mengeksplor Ba Na Hills.

Kami berkeliling di area French Village. Siang itu suasana masih sangat ramai. Akan sulit jika kalian berfoto karena baru saja bergaya, tiba-tiba orang akan lalu lalang di depan kamera.

Dari Louvre station, kami menaiki cable car menuju Le Jardin D’Armour Garden. Le Jardin D’Armour Garden merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi dimana terdapat 9 taman dengan tema yang berbeda.

Tempat pertama yang kami singgahi adalah Golden Bridge.
Tempat ini terdapat jembatan berbentuk setengah lingkaran sepanjang 150 meter dengan dua tangan yang tampak sedang mengadahkan doa sebagai penyanggah. Pemandangan ke bawah tampak indah, bahkan dari kejauhan terlihat ada kumpulan danau yang terlihat cantik.

Golden Bridge #1
Golden Bridge #2
Golden Bridge #3

Princess castle 😀

Setelah itu, kami menuju Flower Garden yang terdiri dari Love Garden, Mythology Garden, Thought Garden dan Eden Garden dan tak lupa pagoda yang besar yaitu Linh Ung Pagoda.

Love Garden #1
Love Garden #2

Mythology Garden

Eden Garden

Full of lavender
Merdeka!

Sayangnya tidak kesembilan taman bisa kami sambangi. Dikarenakan hari sudah menunjukan pukul 5 sore, toko-toko sudah mulai tutup dan kaki sudah mulai protes, kami kembali menaiki cable car menuju French Village.

Begitu sampai di area French Village, suasana tampak sangat lengang. Yang tersisa hanyalah para penghuni penginapan di Mercure Danang French Village Bana Hills.

The cable car
Us
Ba Na Hills in the evening #1
Ba Na Hills in the evening #2
Ba Na Hills in the evening #3
knock knock… eni bodi huuuummm
Ba Na Hills in the evening #4

Berhubung kami lapar, kami pun mulai mencari tempat makan. Setelah mencoba berkeliling kebeberapa restoran, ternyata tempat makan yang buka di malam hari hanyalah restoran utama milik Mercure Danang French Village Bana Hills yaitu La Crique Restaurant.

Sayangnya mereka hanya menyediakan sistem buffet seharga 350.000 vnd sehingga kalau kalian makan dengan porsi sedikit, berasa rugi ya. Edisi mamak-mamak peritungan. Hahaha..

Setelah kami pikirkan baik-baik, kami memutuskan untuk menggunakan room service yaitu memesan makanan dari kamar.

Sesampainya dikamar, gw mengecek menu yang tersedia.
Ternyataaa…. Tersedia menu babi.
Okeh, bhaaaayyy kalau begitu…
Malam ini, gw dan Dwi memilih makan mie instan sedangkan yang lain tetap room service.

Note : Di (hampir) seluruh restoran di Ba Na Hills selalu menyediakan menu yang mengandung unsur babi. Seinget gw restoran yang tidak menyediakan menu babi hanyalah Brasserie restaurant yaitu restoran yang menyajikan Italian foods.
Tapi dimohon dengan sangat agar kalian cross check kembali jika kalian akan makan di Brasserie restaurant karena saat itu gw hanya melihat menunya sekilas !!!

Room service menu
Vietnam fried rice & stir-fried noodle

Malam itu cuaca di Ba Na Hills terlihat cerah. Gw yang bolak-balik membuka jendela demi mencari penampakan kabut, namun yang ditunggu-tunggu tidak datang juga.

Hari semakin malam.
Penghuni di dalam kamar sudah mulai bertumbangan satu demi satu.
Baiklah, mari kita tarik selimut..