[UK] Day 1 : Long haul flight

Saturday, April 22nd 2017

Tepat pukul setengah tiga dini hari, Odri sudah tiba dengan mobilnya. Bergegas gw meletakan koper di bagian belakang mobil, pamit sama Emak dan langsung capcus menuju pick up point. Kita jemput Jeng Uke dan Jeng Didit dulu yaaa…

Beres menjemput Uke dan Didit, mobil berjalan menembus gelapnya pagi. Baru saja menutup pintu mobil, Uke berkata “ Gagang kaca mata gw patah, Vik. “
“ Terus gimana, Ke ? Gak punya kaca mata cadangan? “.
“ Nggak. “

Hmmm…
Cukup krusial yes!
Mengingat kami semua bermata empat, alhasil kalau tidak ada kaca mata, berasa buta. Pemandangan di depan mata pasti akan tidak terlihat.

Mulailah kami mencari ide darurat untuk membereskan si gagang kaca mata. Setelah mampir di dua kali minimarket 24 jam mencari isolasi dan gunting kecil, satu jam kemudian kami tiba di bandara Soetta.

Pagi itu antrian check in sangat lengang. Namun begitu kami akan masuk konter imigrasi, antrian mulai tampak mengular. Lumayan deh mengantri kurang lebih 15 menit. Pfiiiuh…

Sambil menunggu waktunya boarding, gw meminta mampir sarapan di salah satu restoran. Perut eikeh sudah teriak-teriak minta diisi.

Sambil mengamati keadaan sekeliling, kondisi selasar Soetta mulai tampak ramai dengan rombongan wisatawan umrah yang akan berangkat pagi itu. Kami pun mulai ngobrol ngalor-ngidul gak jelas.

Beres menyelesaikan sarapan, kami berjalan menuju boarding gate. Antrian di pemeriksaan X-ray sudah tidak tampak penuh dan pemeriksaan barang berjalan lancar.

Pukul 07.00
Boarding gate E1 tampak sangat penuh dengan penumpang. Kami mulai mengedarkan pandangan mencari tempat duduk yang kosong.
“ Jalan ke arah depan aja. Kayaknya ada kursi kosong. “

Pukul 07.30
Telat lima belas menit dari jadwal boarding, gw mulai nervous sibuk bolak-balik ke wc.
Tujuh belas jam perjalanan, ciiinnnn!!!!
Gimana ke wc nya inih…???
Gw gak suka wc kering.
Wc di dalam pesawat pulak!
*gulp*

Pukul 07.40
Panggilan boarding pun mulai bergema di boarding gate. Kami mulai mengantri masuk pesawat.

Walaupun kami sudah web check in sehari sebelumnya, ternyata posisi tempat duduk kami berpencar. Gw akan duduk bersebelahan dengan Uke, sedangkan Didit duduk terpisah dari kami.

Beres menempatkan barang-barang di kabin bagian atas, kami langsung duduk dan mengecangkan sabuk pengaman. Rasanya mata sudah sepet.

Pukul 08.30
Ready to take off!

Pesawat bergerak menuju Singapura.
Yes, pesawat akan transit di Singapura terlebih dahulu.
Perjalanan satu jam lima puluh menit Alhamdulillah berjalan tenang, tanpa goncangan.

My favourite breakfast – omelet *copyright of Uke*

Sesampainya di Singapura, kami diminta untuk meninggalkan pesawat dengan membawa semua barang kabin. Hmmmm… Sesuai dugaan!

Melirik ke jam, masih ada waktu satu jam hingga waktu kami boarding kembali. Kami mulai mencari wc terdekat. Hehehehe… Wc syndrome!

Tamat urusan per-wc-an, kami masuk kembali ke dalam boarding gate. Setelah itu, kami duduk bengong lagi deh. Bingung mau ngapain…!

Ngobrol dengan Uke sebentar, kami gw akhirnya memutuskan untuk nongol di instastory. Hahaha…
Tetep banci tampil yes!

Dan nongolah muka kami secara perdana di Instastory.
I’m so ready dengan pertanyaan orang-orang, “ Mau kemana, Vikaaa….? “

*pasang emoticon nyengir aja deh*

Pukul 12.00 waktu Singapura
Penumpang GA 86 dipersilahkan memasuki pesawat.

Okeh, ini perjalanan sesungguhnya!

Berhubung semalam gw baru tidur 45 menit, gw sudah yakin akan teler tak sadarkan diri selama perjalanan 13,5 jam menuju London.

Kenyataannya mata gw melek!
Semelek-meleknya!
Sudah pakai tutup mata, pasang bantalan leher, bikin tempat duduk senyaman mungkin, tetap saja hanya dapat tertidur beberapa menit.

Sibuklah gw memencet layar monitor demi mencari film yang bisa membuat gw ngantuk.
Sayaaaahhh butuh tidur!

Menu at GA 86 #1 *copyright of Uke*
Menu at GA 86 #2 *copyright of Uke*
Mulai mati gaya *copyright of Uke*
Foto Narsis … *copyright of Uke*
Landing card

Telat 30 menit dari jadwal kedatangan, kami baru melangkah keluar dari pesawat pukul 19.30. Sambil bergegas menyusuri selasar boarding gate nan panjang ituh, kami berbicara sambil tersenyum senang.

“ London, Girls !!!! “, kami saling bertatapan dengan muka hepi.

Sesampainya di imigrasi, dikarenakan antrian cukup panjang, kami diperbolehkan maju bertiga. Tidak banyak pertanyaan yang di ajukan. Pertanyaan standar seperti tujuan datang ke UK dan berapa lama tinggal di UK.

Setelah mengambil koper, kami berjalan menuju keluar.
Alhamdulillah tidak ada  pemeriksaan di custom.
Lancar jaya!
Rendang aman, ciiiiin!
Hahahaha…

Dengan menggeret koper, kami mencari pick up point dengan penjemput dari airport transfer. Yup, kami akan menggunakan jasa airport transfer Blackberry Cars untuk menuju hotel.

Adapun alternatif lain jika tidak ingin menggunakan airport transfer yaitu dengan menggunakan transportasi kereta. Dari Heathrow airport, dapat menumpang Heathrow Express dengan tiket promo pembelian secara online (30 Day Advance Express Saver Weekend) seharga 8.8 £ kemudian transit di stasiun Paddington, berpindah tube menuju Kilburn Park station dengan harga tiket 2,8 £. Total harga tiket yang dikeluarkan sebesar 11,6 £.

Namun dengan pertimbangan jika kami harus transit, berpindah kereta serta kami harus naik turun eskalator dengan membawa koper, kami memilih menggunakan jasa airport transfer. Gak pakai ribet, duduk tenang, hanya sedikit lebih mahal ajah. ^_^

Sistem perhitungan biaya airport transfer Blackberry Cars yaitu dengan perhitungan jarak, jumlah koper dan jumlah penumpang. Untuk menuju London Marriot Hotel Maida Vale, kami dikenakan biaya 44 £.

Sesampainya di pick up point, kami langsung melihat seorang lelaki berjas hitam bertubuh gemuk besar (yang kami tidak ingat namanya) dengan memegang papan nama bertuliskan panggilan kecil Didit. Dengan ramah, doski menyambut kami.

Sesampainya di parkiran, gw sempat kaget dengan melihat mobil yang tersedia. Sesuai dengan pesanan sebelumnya, seharusnya kami mendapatkan mobil dengan tipe estate car/station wagon untuk kapasitas 4 penumpang sedangkan doi membawa mobil bertipe MPV+ (6 seater) yang besarnya seperti mobil travel Jakarta-Bandung. Gede banget! Alhamdulillah rejeki anak shalehah. 🙂

Perjalanan selama satu jam sangat tidak terasa karena doi mengajak kami berbicara sambil sesekali menjelaskan lokasi serta sejarah jalan yang kami lewati. Saking baiknya, doi sengaja memutari jalan dengan melewati beberapa pusat wisata seperti Natural History Museum, Royal Albert Hall, The Albert Memorial, Kensington Garden dan Hyde Park. Recommended lah!

Setibanya di hotel, kami disambut ramah oleh petugas resepsionis. Selesai check in, kami langsung menggeret koper menuju kamar 411.

Buka pintu kamar, terlihat dua kasur putih dengan gaya interior kamar monokrom.

Alhamdulillah…
Akhirnya bisa selonjoran.

See you tomorrow, London!

Advertisements

4 thoughts on “[UK] Day 1 : Long haul flight

  1. Problem banget emang yaaa toilet di pesawat buat long haul flight begini (>_<)
    Btw, 2 taun lalu mbak sempet naik ANA yang Boeing 787 dan ternyata toiletnya ada washletnya! Langsung hepi bisa b*b dengan tenang, hihi..
    Tadinya mbak kirain toilet washlet ANA ini cuman buat penerbangan jarak jauh doang, tapi pas bulan kemaren ke Taiwan yang "cuman" sekitar 3.5 jam dan pas dapet Boeing 787, ternyata ada washletnya juga.
    Perihal washlet ini kayaknya perlu disampaikan ke kotak saran semua airlines deh, kali aja dipertimbangkan 😀

    1. Iyah, mbak…
      Kayaknya kalau bisa gak mau mampir ke toilet pesawat.
      Seharusnya maskapai Indonesia juga punya washlet ya…
      Btw, brarti pesawat ANA untuk penerbangan Jkt-Tokyo punya washlet juga ya?

      1. Kayaknya belum semua pesawat ANA juga vik yang nyediain washlet, baru2 ini ada temen yang mudik pake ANA katanya toiletnya masih kayak biasa yang tanpa washlet 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s