Visa UK

The documents
Sama seperti pengurusan visa Australia, New Zealand dan beberapa negara Eropa lainnya, pembuatan visa di lakukan melalui pihak ketiga. Kalau kalian sudah pernah mengurus visa secara mandiri, pasti kalian familiar dengan VFS Global.

VFS Global
https://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/Bahasa/index.html

Alamat
Kuningan City Mall, Lantai 2, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi, Kuningan
Jakarta – 12940, Indonesia

Penyerahan aplikasi – hanya dengan janji temu:
Senin s/d Jum’at, 07:00 – 14:00

Pengambilan paspor untuk Agensi, Tour dan Perwakilan Travel :
Senin s/d Jum’at, 12:00 – 15:00

Pengambilan paspor untuk Pemohon Individu atau Perwakilan Individu:
Senin s/d Jum’at, 15:00 – 17:00

Sambil mencoba gugling ke beberapa blog dan situs resmi UK Visa & Immigration didapatkan informasi bahwa proses pengurusan visa UK bagi yang tidak bermukim, mereka akan memproses 90% dalam waktu 3 minggu, 98% dalam waktu 6 minggu dan 100% dalam waktu 12 minggu dari tanggal pengajuan dengan definisi satu minggu dihitung dalam 5 hari kerja.

Okeh…
Berarti kami tidak boleh mepet-mepet mengajukan visa. Sambil menunggu stabilitas rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, kami sepakat mengajukan visa di awal bulan Maret 2017, yaitu 7 minggu sebelum tanggal keberangkatan kami ke UK.

Berbekal informasi dari situs ini , maka tahap-tahap yang harus diikuti yaitu :

  1. Mempersiapkan dokumen persyaratan visa UK
  2. Pengisian aplikasi permohonan visa UK secara online di situs Visa4UK
  3. Membuat janji temu dengan pusat aplikasi visa (pihak VFS) melalui situs Visa4UK
  4. Mendatangi kantor VFS untuk proses penyerahan dokumen dan proses biometric
  5. Menunggu konfirmasi permohonan visa

Dari tahapan di atas, maka kami mulai mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai persyaratan “STANDAR VISITOR VISA” yaitu :

  1. Paspor yang masih berlaku dan paspor lama, serta fotokopi halaman paspor yang berisi cap imigrasi dan lembaran visa.
  2. Surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris
  3. Pas foto berwarna 3,5×4,5 cm dengan latar belakang putih (pada hari H-nya ternyata pas foto ini tidak digunakan)
  4. Referensi bank (dalam bahasa Inggris) serta rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir
  5. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga yang sudah di translate ke bahasa Inggris
  6. Rencana perjalanan dengan melampirkan print out tiket pesawat, hotel dan itinerary
  7. Formulir permohonan visa UK asli yang sudah ditandatangani (detailnya akan diceritakan di langkah selanjutya)

Semua dokumen di atas, di print atau di fotokopi di atas kertas A4. Untuk list kelengkapan dokumen bisa dicontek disini.

Beres dengan urusan dokumen-dokumen, kami melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pengajuan aplikasi permohonan visa UK secara online.

  1. Buka situs Visa4uk

  • Setelah tiba di beranda utama Visa4uk, maka klik Register an Account. Maka akan keluar halaman Register dimana kalian harus mengisi Personal Details, Contact Details, Address Details dan di akhir halaman akan tertulis Login Password. Password ini akan sering digunakan ketika kalian log in account dan mengupdate data-data form permohonan visa. Jadi jangan lupa dengan password ini ya!

  • Selanjutnya akan ada email verifikasi dari Visa4UK ke alamat email yang kalian daftarkan, klik link yang tercantum di badan email dan kalian sudah bisa Log in di situs Visa4UK.
  • Setelah log in, klik di tulisan Apply for Myself yang berada di sebelah kiri atas halaman situs. Isi kembali Applicant Details, Select Visa Type dan Visa Confirmation . Di bagian terakhir klik Create Application.

  • Setelah itu, situs akan kembali ke halaman utama My Applications. Di sebelah kiri halaman akan terlihat beberapa data yang sudah diisi. Maka klik Go To Application yang berada disebelah kanan halaman

  • Selanjutnya kalian diharuskan mengisi data-data pribadi secara lengkap yang terdiri dari Passport and Travel Information, Personal Details & travel history, Family Details, Employment & Income, Family & Friends in the UK, Medical Treatment and Additional Information.
    Warning : Sisihkan waktu selama dua jam untuk mengisi bagian ini karena membutuhkan ketelitian, konsentrasi tinggi 😀 dan beberapa detail tambahan yang harus ditulis dalam bahasa Inggris.
  • Pengisian informasi Passport & Travel Information
    Bagian Passport & Travel Information berisi tentang data-data di Paspor serta informasi rencana kepergian di UK (seperti kapan, berapa lama, teman perjalanan serta tempat penginapan)

    • Pengisian informasi Personal Details & Travel History
      Bagian ini berisi informasi alamat rumah saat ini, riwayat perjalananan mengunjungi UK, UK Overseas Territories or Commonwealth Country serta negara di luar UK selama 10 tahun terakhir

  • Pengisian informasi Family Details
    Family details berisi tentang keluarga yaitu informasi pasangan (hidup) dan orang tua

  • Pengisian informasi Employment & Income
    Untuk Employment & Income berisikan informasi riwayat kerja, status pekerjaan dan income perbulan. Yang bikin riweh adalah pertanyaan pengeluaran per bulan, jumlah biaya perjalanan, biaya pesawat serta biaya akomodasi selama di UK. Alamaaakkk, bahkan mereka sangat detail menanyakan hal inih. Setelah hitung-menghitung biaya yang mereka minta, gw meng-convert ke dalam mata uang GBP.

  • Pengisian Informasi Family & Friends
    Di kolom Family & Friends, kalian harus mengisi rencana yang akan dilakukan selama di UK. Secara garis besar, gw mengisinya dengan “ I plan to visit London & Edinburgh, city sightseeing, day trip to Stonehenge, enjoying Harry Potter Studio Tour and watching drama musical.”

  • Pengisian Informasi Medical treatment
    Di bagian Medical treatment hanya menanyakan apakah kalian pernah menerima perawatan kesehatan di UK.

  • Pengisian Informasi Additional Information
    Untuk Additional Information kalian harus mengarang indah secantik mungkin plus rayuan gombal yang masuk akal yah. 😛 Kalian harus meyakinkan kepada pihak Decision Making Center, bahwa kalian akan kembali ke Indonesia dan tidak menjadi TKI illegal. 😀 Di bagian ini gw menuliskan tempat kerja, biaya perjalanan akan ditanggung oleh gw dan agar lebih lebay meyakinkan, gw menuliskan kembali bahwa gw tidak akan melanggar tujuan dan lamanya perjalanan serta memastikan akan kembali ke Indonesia

    • Setelah itu klik Confirm Application.
    • Kalian bisa mengecek jawaban kalian, jika ada yang kurang jawaban bisa di edit kembali dengan mengklik Return to Application. Jika sudah yakin dengan jawaban yang ditulis, klik Submitt Application.
    • Beres dengan pengisian data-data yang njilemet, kalian tinggal menandatangani pernyataan dengan menulis nama di bagian Signature, tulis tanggal dan klik Sign Declaration. Selanjutnya membuat janji temu dengan pihak VFS Global dengan mengklik Book Appointment. Pilih cabang VFS yang akan di datangi, kemudian pilih jenis visa appointment type . Berhubung kita gak rushing dan ogah mengeluarkan biaya tambahan yang dua kali lipat dari biaya pembuatan visanya sendiri, kami memilih Standar appointment.

    • Tentukan tanggal dan waktu pertemuan secara bijak ya. Jika kalian tidak bisa datang di waktu yang telah ditentukan, langkah selanjutnya agak ribet karena kalian harus meng-cancel appointment dan jika ingin membuat janji temu untuk kedua kalinya, kalian harus membuat janji temu ulang kembali. Untuk informasi pengajuan pengembalian dana bisa cek disini.

  • Langkah selanjutnya bagian pembayaran. Pembayaran dilakukan secara online sebesar 113 USD dengan menggunakan kartu kredit. Nominal yang cukup besar ya. Pfiuuuh… *elap keringat*

  • Setelah itu Print Application di kertas A4 untuk dibawa pada janji temu dengan VFS

 

*****

Jumat, 3 Maret 2017

Sesuai dengan jadwal temu yang sudah dibuat, kami sengaja memilih jadwal appointment di pagi hari yaitu pukul 08.15. Maklumlah para pekerja sibuk semua (preeettt…). Kalau curi-curi waktu di jam istirahat, malah dicari sama para pihak berkepentingan, yang ada gak bisa kemana-mana.

Kami baru bisa masuk ke ruangan pengurusan visa 5 menit sebelum jam janji temu. Setelah menunjukan print out email appointment confirmation ke petugas, melewati pengamanan Bapak & Ibu security, kami diberikan nomor antrian dan masuk ke dalam ruangan pengurusan visa.

Setelah nomor antrian dipanggil, gw memberikan dokumen-dokumen yang sudah disusun rapih yaitu :

  1. Print out formulir permohonan visa
  2. Print out bukti pembayaran visa online
  3. Dokumen yang sudah dipersiapkan

Beres dengan pemberian dokumen, gw diberikan tanda terima pembuatan visa dan menunggu kembali untuk proses pengambilan biometric yaitu pemindaian sidik jari dan foto selfie. Setelah itu urusan beres. Tinggal tunggu email konfirmasi untuk pengambilan paspor dari VFS.

Fyi, kata mbak-mbak petugas VFS, VFS memplot 1 jam untuk 8 nomor antrian dimana kira-kira perorang membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Lama waktu dari gw masuk hingga selesai proses biometric memakan waktu 40 menit. Gak lama kan…?!?!?!

Note :

Dari berbagai macam informasi yang beredar di dunia maya maka dokumen yang diberikan beraneka ragam pula rupanya. Ada beberapa dokumen yang tidak kami sertakan antara lain:

  • Kami tidak memasukan dokumen akta lahir, hanya dokumen KTP dan Kartu Keluarga yang sudah diterjemahkan oleh recommended translator dari pihak Kedutaan. Adapun salah satu pengalaman teman dimana dia tidak memasukan dokumen hasil terjemahan. Dia memberikan dokumen dalam bentuk asli yaitu bahasa Indonesia dan alhamdulillah visanya lolos. 
  • Salah satu teman tidak memasukan surat referensi bank di karenakan pengurusan surat ini harus dilakukan di cabang pembuka rekening (yaitu Bandung) dengan proses selama satu minggu sedangkan dua hari kemudian kami sudah harus ke VFS. Dengan bermodal nekat, teman gw memasukan rekening Koran dan slip gaji kedalam dokumen yang diberikan ke petugas VFS.

    Berdasarkan informasi “ Aplikasi visa anda akan diproses dan diputuskan oleh bagian Decision Making Centre, maka kita tidak tahu persis apakah dokumen kita sudah tepat atau belum sebagai dasar persetujuan pemberian visa. Ikuti persyaratan yang diminta oleh pihak UK Visa & Immigration, sedangkan pihak VFS hanya menerima dokumen dan tidak akan menolak dokumen yang akan kita berikan. So, tinggal berdoa semoga proses permohonan visa berjalan lancar jaya.

    *****

    Jumat, 17 Maret 2017

    Tepat pukul 21.39 di sepuluh hari kemudian, masuklah notifikasi email bersubjek UK Visa Status Application yang menginformasikan bahwa proses visa sudah selesai dan sudah dapat di ambil di VFS.

    Waktunya gak tepat yeeeee…
    Kami harus extra sabar menunggu bergulirnya hari dari hari Sabtu, ke hari Minggu dan menuju Senin sore… *Sigh*

    *****

    Senin, 20 Maret 2017

    Tepat pukul 16.05, kami segera meluncur menuju Kuningan City. Usai melewati pengamanan, kami bergegas mengambil nomor antrian. Setelah dipanggil sesuai nomor antrian, gw memberikan 3 lembar tanda bukti pembuatan visa. Berhubung gw juga mengambil permohonan visa orang lain, maka gw melampirkan surat kuasa, fotokopi KTP gw dan fotokopi pemberi kuasa.

    G : Jeng jeng jeng… Kita otw
    R : Idiiiiiihhh. Langsung mules gw.
    .
    .
    G : Nunggu antrian
    R : Woooo
    G : Deg2an
    D : Tambah mules
    R : Samaaaa
    D : Mbak Vika kepanggil now
    R : Dia pegang kuasa kan?
    D : Iyap…penguasa
    R : Hohohoho…
    .
    .
    G : Dah di gw. Belum berani gw buka
    R : Gini aja deh, pake kode aja. Kita pergi berempat atau nggak?

    Selanjutnyaaaaa….

    *gemuruh suara gendang*

    …dan inilah penampakan visa UK eikeh!
    Alhamdulillah…
    Di approve visanya, jeng!!!!
    ^_^

    Advertisements

    2 thoughts on “Visa UK

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s