[Malaysia] Day 1 : Bachelorette trip to Melaka

December 24th, 2015

Mengantisipasi kemacetan yang selalu mempunyai jadwal tetap nongol di hari-hari long weekend, kami sepakat jalan lebih pagi dari jadwal yang ditetapkan. Dengan menumpang bis Hiba Bandara, kami akan berangkat pada pukul 07.30. Gw janjian dengan Uke untuk bertemu di pick up point tol Cijago, sedangkan Ade langsung menuju bandara bersama kesayangannya. *uhuk* πŸ˜€

Baru saja masuk pintu tol Cibubur, jalanan sudah mulai padat merayap. Gw yang berusaha memejamkan mata, menjadi sedikit was-was memperhatikan kondisi jalan yang sedikit tidak bersahabat. Gw mulai menatap satu persatu mobil yang mulai parkir paralel di salah satu sisi jalan tol Jagorawi.

Perjalanan mulai lancar setelah bus berhasil meloloskan diri dari percabangan tol Jagorawi dengan tol JORR. Ternyata biang kerok macetnya adalah tol JORR yang menuju tol Cikampek. Sepertinya orang-orang mulai menyerbu rute Bandung dan sekitarnya.

Sesampainya di bandara, kami segera check in ulang. Berhubung Uke sudah web check in, kami mencoba negosiasi dengan petugas check in-nya untuk mengatur ulang nomor kursi kami. Kami request untuk dapat duduk di dalam satu row. Setelah dicek, kami bisa mendapatkan kursi di nomor 21 D, 21 E dan 21 F.

Pukul 10 kami sudah beres dengan urusan check in. Seperti ritual sebelumnya, kami memutuskan berbelok ke arah luar bandara menuju tempat makan. Laper, bu! πŸ˜€

Setelah selesai makan, kami memasuki bandara kembali menuju proses selanjutnya yaitu imigrasi. Selesai dengan cap-mengecap, kami mengeksplor bagian dalam bandara. Kami memasuki beberapa toko yang mengklaim sebagai toko Duty Free.

Uke yang mengemban misi membeli lipenstik Bourjois, menemukan salah satu toko bernama Beauty Center (bersebelahan dengan toko Parang Kencana) yang menjual Bourjois seharga Rp. 150.000. Sayangnya warna yang dicari tidak tersedia dan dengan berat hati Uke memilih berbalik arah meninggalkan konter Bourjois.

Kami kemudian berjalan menuju boarding gate D5. Sayangnya kami belum diperbolehkan masuk sehingga kami mulai duduk menunggu di hall utama. Siang itu bandara tampak sepi. Untuk ukuran long weekend, aktivitas di bandara Soetta tidak terlalu signifikan meningkat.

Tak lama kemudian, pintu boarding gate D5 sudah dibuka. Kami bergegas memasuki boarding room dan ternyata langsung dipersilahkan untuk menaiki pesawat. Tepat pukul 12.15 pesawat take off meninggalkan Jakarta.

Setelah tanda peringatan safety belt dimatikan, gw mencoba me-recline kursi. Hmmm…ternyata sandarannya tidak bisa dikutak-katik.
Baiklah!
Mari kita nyalakan layar monitor saja. *mulai sibuk cari channel film*

Para pramugara-pramugari mulai sibuk berkerja membagikan makanan.
Gw yang duduk berdekatan dengan selasar mulai memperhatikan cara kerja para stewardess ini. Selama ini gw beranggapan bahwa Malaysia Airlines (seharusnya) berada sejajar dengan Garuda Indonesia, sama-sama full service airlines yang dimiliki oleh pemerintah dan menjadi kebanggaan masing-masing negara, merasa ada yang kurang dengan pelayanan yang mereka berikan.

Somehow, cara kerja pramugaranya (menurut gw) agak grasak-grusuk dan tanpa gw sadari gw mulai membandingkan dengan pelayanan maskapai kebanggaan nasional kita. Ah, maapkan dakuh yang mungkin berharap terlalu tinggi dengan maskapai ini. :mrgreen:

Our lunch at MH 716
Our lunch at MH 716

Pada pukul 15.20 pesawat landing di KLIA. Setelah turun dari pesawat, kami melewati beberapa tahapan proses : imigrasi dan bagasi.

Kami kemudian melanjutkan menuju Melaka. Dari area arrival hall lantai 3, kami turun ke lantai 2 mengikuti petunjuk β€œ Bus station ”. Sesampainya di area Bus Station, terlihat ada beberapa konter tiket bus, namun yang mempunyai rute menuju Melaka hanya StarMart Express. Jadwal keberangkatan terdekat saat itu ada di pukul 17:00. Karena tidak ada pilihan lain, kami pun membeli 3 tiket seharga 28 RM/orang.

Sambil menunggu kedatangan bus, Uke mulai berkeliling. Ketika ada bus Transnasional masuk ke salah satu platform, Uke berjalan menghampiri platform tersebut. Dari pembicaraan Uke dengan sopirnya didapatkan informasi bahwa bus Transnasional memang tidak buka konter tiket di KLIA, tapi penumpang bisa langsung menaiki bus. Setelah dari KLIA, bus akan berjalan menuju KLIA 2 dan mengambil penumpang di KLIA 2. Saat di KLIA 2, supir tersebut akan mencetak tiket untuk penumpang yang naik dari KLIA.

Waiting for baggage
Waiting for baggage
Counter ticket bus
Counter ticket bus – loket StarMart berada di konter 5, ujung kiri
Schedule of StarMart Express
Schedule of StarMart Express

Pada pukul 17.00, bus StarMart Express masuk ke platform 5. Kami segera memasukan koper kedalam bagasi bus. Kalau menurut tiket yang kami pegang, kami mendapatkan nomor kursi 1,2 dan 3. Namun ketika kami masuk ke bus, kursi yang tersisa hanya dibagian belakang. Itupun kami harus bersabar menunggu satu keluarga yang sibuk berpindah duduk.

Bus StarMart Express ini mempunyai formasi bangku 1-2 sehingga kursi masing-masing penumpang terasa sangat luas. Kursinya sendiri empuk dan nyaman, bisa di recline hingga kami bisa bobo chantik. Sayangnya AC di bus saat itu terasa sangat dingin yang menyebabkan gw tidur meringkuk kedinginan.

Perjalanan dari KLIA menuju Melaka memakan waktu 2 jam 35 menit. Tepat pukul 19.40, bus sampai di Melaka Sentral. Kami pun berpindah armada, menumpang ke salah satu taksi tak berargo. Harga yang di tembak pun terasa suka-suka saja. Untuk sampai penginapan, kami dipatok 25 RM. Tidak ada pilihan lain. Mau protes, tapi penumpang sebelum kami sudah dijutekin oleh petugasnya. Ya sudahlah, telan nasib ajah.

Sepanjang jalan sopir taksi tersebut bercerita panjang lebar. Gw harus membuka kuping lebar-lebar agar dapat menerjemahkan maksud dari pembicaraannya. Uke yang duduk disebelah pak supir, tanpa sengaja menciptakan ekspresi β€˜muka ketakutan’ padahal sih doi gak mudeng dengan maksud pembicaraan pak supir. Tapi dengan begitu, doi mau terpaksa mengantar kami hingga ke depan penginapan. Jurus jitu ala Uke emang top deh! Hehehehe…

Tiga puluh menit kemudian kami tiba di Wayfarer Gueshouse. Malam itu kami di terima oleh Mrs. Lian. Setelah menerangkan dan menjelaskan segala sesuatu yang ada di Wayfarer Gueshouse, kami segera menuju kamar yang berada di lantai dua.

Begitu masuk ke dalam kamar, gw sangat exciting melihat kondisi kamarnya. Gw puas melihat dekoratif dan suasana kamarnya. Puas bingid deh!

Setelah beberes sebentar, kami memutuskan keluar mencari makan malam.

Sesuai dengan peta yang diberikan Mrs.Lian, kami berjalan menyusuri kawasan Dutch Square sambil sesekali berpose dengan latar Sungai Melaka.

Tak terasa kami berjalan hingga berada di kawasan Little India. Sambil memperhatikan sekeliling, kami mencoba mencari restoran yang sekiranya menyajikan makanan halal.

Kami mampir disalah satu rumah makan India. Gw dan Ade memesan mee goreng dan es milo, sedangkan Uke memesan cane kosong dan es milo. Rasanya makanannya S-T-D dan gw mendadak kangen dengan masakan Penang yang lebih berbumbu. Es milonya pun, kata Jeng Uke gak nendang bok!

Setelah kenyang, kami memutuskan kembali ke penginapan.
Besok pagi kami akan bertarung mengelilingi Melaka dengan berjalan kaki.

Nite.. Nite, Melaka..!

Miee goreng 4.5 RM, Es milo 2.8 RM
Mee goreng 4.5 RM, Es milo 2.8 RM
Prata
Cane-nya Uke
Advertisements

10 thoughts on “[Malaysia] Day 1 : Bachelorette trip to Melaka

      1. Bahahahahhaaa… kalo gw pribadi sih, nampaknya ini pengaruh kuciwa sama hasil foto. Sangat sedikit sekali yang bisa dibilang “kece”! 😭😭😭

    1. Halo juga, Shabrina! πŸ™‚
      Sayangnya lupa nama tokonya. πŸ˜€
      Posisi tokonya berada di pojok dan di sebelah kiri, berdekatan dengan gate D dan Lounge yang ada di pojok.
      Maap, infonya gak membantu banget ya…??? Hehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s