[Jepang] Day 11 – Osaka : Mari kita pulaaannnggg….

Sunday, April 12th, 2015

Hari ini kami akan meninggalkan Osaka (dan segala kenangan tentang Jepang) untuk kembali ke Jekardah. *bibir mulai manyun*

Kalau ditanya sedih atau gak, jawabannya 50 : 50 deh!

Sedih karena harus meninggalkan Jepang yang mulai mencuri hati ini dengan budayanya, udaranya, dinginnya, kebersihannya, keteraturannya, para pria Jepang yang tampak sangat manly dengan jas hitamnya serta pemerintah Jepang dengan segala usahanya yang berbau Muslim Friendly. Namun yang bagian termehek-meheknya adalah cuti sudah harus berakhir dan esok harinya, gw harus-kudu-wajib berjibaku dengan pekerjaan kantor lagi. :((

Dan part senangnya adalah gw akan kembali menuju ‘my comfort zone’ dan yang paling penting, gw bisa bebas memilih dan makan makanan tanpa harus khawatir dengan unsur harooooom didalamnya.

Tanpa komando, pagi itu kami dapat bangun pagi dan bergegas membereskan sisaan packing. Pukul 07.35 setelah beres dengan urusan check out, kami segera mendorong koper menuju stasiun JR Fukushima. Sesampainya di platform kami menunggu kereta JR Kansai Airport Rapid Service dengan jam keberangkatan 07.58 yang akan memakan waktu perjalanan 71 menit. Harga tiketnya sendiri dibandrol senilai 1.190 Yen.

Jam keberangkatan Airport Service tertulis di papan informasi
Jam keberangkatan Airport Rapid Service pukul 07.58 tertulis di papan informasi

Tepat pukul 09.04 kami tiba di Kansai International Airport dan ketika kami tiba di counter check in, antrian para penumpang Garuda Indonesia sudah mengular panjang. Dikarenakan malam sebelumnya gw sudah check in, gw langsung berpindah antrian menuju loket mobile check in. Proses check in baru selesai 30 menit dimulai dari kami antri check in. Gak kebayang berapa lama proses check in jika kami tetap berada di jalur biasa.

Note : Jika kalian akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, jangan lupa lakukan web/mobile check in di hari sebelumnya untuk menghindari antrian panjang dan lama.

Antrian check in #1
Antrian check in #1 , panjang yeee….
Antrian check in #2
Antrian check in #2
Loket khusus mobile dan web check in
Loket khusus web or mobile check in

Selesai check in, gw menuju kantor pos untuk mengembalikan mobile wifi router. Lalu kami sarapan di restauran Sojibo yang mempunyai sertifikat halal.

Gw memesan menu Soba noodles with shrimp tempura (deluxe) sedangkan Yudha memesan menu set with tiger shrimp tempura over rice in a bowl. Ini nama menu kok panjang-panjang bener ya??? 😀

Makanan pun tiba.

*kunyah sebentar*

… dan gw langsung tidak menyukai soba noodles! 😦

Rasanya terasa flat alias hambar dan entah kenapa mienya terasa dingin di lidah gw. Kesimpulannya gw lebih menyukai udon atau ramen yang lebih berani bumbu.

Hidup adon udon! *colek Ratri*
Hidup ramen!

Sojibo restaurant
Sojibo restaurant ; terminal 1, 3rd floor at Kansai International Airport
Inside of Sojibo
Inside of Sojibo
Menu #2
Menu #1
Menu #1
Menu #2
Menu #3
Menu #3
My breakfast ; price 1.180 Yen
My breakfast ; soba noodles with shrimp tempura – price 1.180 Yen
Yudha's breakfast ; price 1.000 yen
Yudha’s breakfast ; set with tiger shrimp tempura over rice in a bowl – price 1.000 yen

Selesai makan, kami langsung menuju pemeriksaan custom dan imigrasi. Begitu kami tiba di jalur pemeriksaan custom..

Ngek-Ngok…!
Ternyata antriannya lebih hedon dan meliuk-meliuk hingga menjadi 4 lapisan.

Pukul 10.35 kami mulai mengantri.

10.40…
10.45…
10.50…

Antrian berjalan terasa sangat lambat.

*bolak-balik melihat jam tangan*

Di boarding pass tercantum pesawat akan boarding pada pukul 11.20 tapi jam 11.00 kami masih tertahan di pemeriksaan custom dan imigrasi!

*mulai bersenandung*
#salah satu usaha untuk menenangkan hati#

Yang agak menenangkan masih banyak orang Indonesia yang tertahan di antrian custom ini. At least, pihak maskapai akan menunggu kitah kan yaaa…yayayayaya…??!!! 😀

11.05…
11.10…
11.15…
11.18…

Gw sudah selesai dengan urusan pemeriksaan custom dan barang-barang bawaan. Langsung bergegas menuju imigrasi.

Tepat pukul 11.23 → immigration done!

Kami pun segera berjalan menuju shuttle train. Namun sebelum gw tiba di shuttle train, gw selintas melihat merek cokelat titipan Ibu Sp.KK. Melirik jam sebentar dan melihat antrian kasir cokelat tidak panjang, gw meminta agar Yudha jalan duluan saja menuju shuttle train sedangkan gw akan segera menyusul.

Dengan terburu-buru, gw mengambil beberapa jenis cokelat sesuai dengan permintaan Ibu Sp.KK. *lirik jam tangan : pukul 11.28*

Rasanya belanja terburu-buru itu berasa kayak di amazing race! Di satu sisi gw gak mau ketinggalan pesawat tapi disisi lain gw masih berkutat dengan urusan titip menitip. Hadeeeuuuu…. 😦 Gak lagi-lagi deh amazing race di negara orang!

Setelah selesai membayar, gw langsung berlari menuju shuttle train. Setelah turun dari shuttle train, gw segera menuju boarding gate dan ternyata pintu boarding masih ditutup.

Pfiuuuhhh…
Leganya…!
Drama menuju boarding gate berakhir sudah!
*lepas ransel, duduk selonjoran, sibuk mengatur nafas*

Pesawat boarding 10 menit kemudian dari waktu kedatangan gw tiba di depan boarding gate dan (pada kenyataannya) gw masih sempat membeli titipan orang kantor di toko sekitar boarding gate. :mrgreen:

Pengumuman boarding mulai terdengar, para penumpang (yang kebanyakan warga Indonesia dengan tentengan kantung belanja snack Tokyo Banana) mulai memasuki pesawat.

Setelah duduk dengan nyaman di seat 21A, gw termenung menatap keluar.
Yup, sebentar lagi (secara resmi) gw akan meninggalkan Jepang! *tarik nafas panjang*

Tepat pukul 12.10, pesawat mulai take off meninggalkan Osaka.

Sayonara, Jepang!

Waiting for take off
Waiting for take off
Pesawat mulai berjalan..
Pesawat mulai berjalan..
Ready to take off
Ready to take off
Take off
Take off
Bubye Osaka...
Bubye Osaka…
ice...???
ice…???
Snack time
Snack time
My lunch at GA889
My lunch at GA889 : selada tahu & timun, ayam masak semur, nasi putih, tumis sayuran, roti, boston pie & hot chocolate
2 thoughts on “[Jepang] Day 11 – Osaka : Mari kita pulaaannnggg….

  1. Mbak, garuda dari Osaka ada imigrasi on board nggak ya? Itu kan perkiraan mendarat di Cengkareng jam 17.30, kalo ambil penerbangan lanjutan jam 19.30 pake garuda juga keburu nggak ya mbak?

    1. Kemarin rasanya gak ada imigrasi on board, difa. Gw juga sudah tidak pernah liat iklan imigrasi on board di majalah Garuda. Untuk informasi pastinya bisa cek ke hotline Garuda kali ya…

      Hmmm…
      Coba dibikin perhitungan waktu dari landing sampai check in pesawat domestiknya dan apakah tiket dari Jepang sampai ke kota tujuan akhir Difa itu connecting flight. Karena jika tidak connect, Difa harus tunggu bagasi keluar di Soetta dan harus check in (beserta bagasinya) kembali di terminal 2F.

      Jarak dari terminal kedatangan dan terminal 2F sebenarnya sudah dekat. Asal pesawat on time landingnya dan imigrasi tidak penuh, hingga bagasi keluar bisa memakan waktu 30-40 menit.
      Agak sedikit rushing untuk bisa check in. Jgn lupa kalau bisa web check in utk pesawat domestiknya ya biar agak tenangan..

Leave a Reply

