[Jepang] Osaka : J-Hoppers Osaka Guesthouse

Seharusnya postingan tentang penginapan di Osaka menjadi salah satu postingan penutup perjalanan gw di Jepang, namun mengingat pe-er postingan Jepang masih bertumpuk dan sang “wifi” sedang tidak bersahabat, maka gw coba menuliskan postingan yang singkat – padat dan tidak terlalu banyak mengandalkan informasi dari dunia maya.

*****

Dari awal pencarian penginapan, gw sudah tertarik dengan guesthouse ini. Selain dari referensi Claudia Kaunang yang okeh, lokasi penginapan ini terbilang strategis. Cukup berjalan kaki selama 5 menit dari stasiun JR Fukushima, lokasi stasiun JR Fukushima hanya berjarak satu stasiun dari stasiun Osaka dan stasiun ini berada didalam jalur kereta menuju bandara Kansai.

Tanpa banyak drama, ketika membuka website hostelworld menyatakan bahwa kamar di J-Hoppers Osaka Guesthouse masih available. Siiippp, eksekusi, gan!

Di hari H-nya, gw tidak berbarengan dengan Yudha dan perjalanan menuju J-Hoppers Osaka Guesthouse dari stasiun Osaka cukup menguras e(s)mosi dan tenaga (mendorong koper) untuk dapat tiba di penginapan ini.

Dari stasiun Osaka gw menaiki kereta JR Osaka Loop Line – Inner Loop (Uchimawari Line) dan turun di stasiun JR Fukushima. Sesampainya gw diluar stasiun JR Fukushima, gw berbelok ke arah kiri, menyeberangi palang pintu rel kereta api dan berbelok kearah kiri di jalan yang bersebelahan dengan toko Mister Donut. Setelah itu jalan akan tampak bercabang dua, ambilah jalan di sebelah kanan, berjalan lurus dan selang 3 menit berjalan kaki akan tampak J-Hoppers Osaka Guesthouse di sebelah kiri jalan.

Setelah keluar dari stasiun, belok ke arah kiri dan terlihat toko Mister Donut
Setelah keluar dari stasiun, belok ke arah kiri dan terlihat toko Mister Donut
Jika sudah bertemu Mister Donut, belok ke arah kiri
Jika sudah bertemu Mister Donut, belok ke arah kiri, susuri jalan sejajar dengan rel kereta api
Berjalanlah ke arah kanan
Berjalanlah ke arah kanan
J Hoppers Osaka
J Hoppers Osaka

Sesampainya di guesthouse, gw disambut ramah oleh resepsionis penginapan. Sambil sedikit curcol menceritakan perjalanan menuju penginapan di waktu rush hour, gw membayar kamar untuk standard 6 bed female dorm seharga 2.500 Yen per malam untuk weekdays dan 2.800 Yen per malam untuk weekend. Setelah itu gw dibantu oleh doi menaikan koper menuju lantai dua. Tak lupa doi meledek gw yang masih sempat menenteng kantung belanjaan berinisial “U”. 😀

Lokasi kamar standard 6 bed female dorm berada di lantai dua. Ukuran kamarnya terbilang cukup luas dan masing-masing tempat tidur disediakan meja di sebelah tempat tidur, locker, lampu baca, plug outlet dan yang tak ketinggalan, tirai!

Dari segi fasilitas yang tersedia di masing-masing tempat tidur sangat lengkap dan memuaskan!

Lantai pertama terdapat ruang resepsionis, common room dan dapur. Fasilitas peralatan dapur pun terbilang cukup lengkap dari microwave, rice cooker, coffee maker dan toaster serta disediakan free drinks, seperti Japanese tea, teh, kopi dan gula.

Living room yang berada di basement atau ruang bawah tanah menjadikan salah satu tempat persembunyian kami pada malam International Exchange Party. Ruangan ini terdiri dari beberapa sofa besar, fasilitas tivi kabel dan DVD Player.

Yang tampak berbeda dari beberapa penginapan sebelumnya, di J-Hoppers Osaka Guesthouse mempunyai roof top. Ruangan ini dapat berfungsi sebagai smooking area. Menurut resensinya, pemandangan di roof top pada malam hari akan terlihat bagus. Sayangnya, gw hanya sempat mencuri waktu melihat pemandangan di roof top pada pagi hari. Yang pasti, gw dapat melihat kereta api lewat dari roof top!

Oya, disekeliling J-Hoppers Osaka Guesthouse tampak banyak restoran kecil yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat lokal Jepang. Walaupun restoran berukuran kecil namun kehangatan dan keakrabannya terlihat hingga luar restoran. Mengingat gw tidak bisa sembarangan makan, gw hanya bisa menatap nanar setiap melewati jajaran restoran ini.

Tak lupa, untuk para penginap yang tidak ada rencana kegiatan selama di Osaka, J-Hoppers Osaka Guesthouse rajin mengadakan acara di setiap minggunya. Di hari Selasa mereka mengadakan acara Takoyaki Cooking Experience dengan biaya 600 Yen, di hari Jumat terdapat International Exchange Party, setiap hari Minggu terdapat acara Going Out Drinking in Izakaya serta setiap hari Minggu dan Kamis diadakan Local walking tour with Mr. Yano.

J-Hoppers Osaka Guesthouse

4-22, Fukushima 7-chome, Fukushima-ku, Osaka City

Phone : 06-6453-6669 (domestic)
+81-6-6453-6669 (from overseas)

http:// osaka.j-hoppers.com

Bicycles rental
Bicycles rental
Lobby
Lobby
Mini kitchen
Mini kitchen
Common room
Common room
Living room #1
Living room #1
Living room #2
Living room #2
Selasar
Selasar
The stairs
The stairs
Inside of guesthouse
the floors
The roof top #1
The roof top #1
The roof top #2
The roof top #2
View from the rooftop #1
View from the roof top #1
View from the rooftop #2
View from the roof top #2
Inside of female dorm #1
Inside of standard 6 bed female dorm #1
Inside of female dorm #2
Inside of standard 6 bed female dorm #2
Inside of female dorm #3
Inside of standard 6 bed female dorm #3
Advertisements

6 thoughts on “[Jepang] Osaka : J-Hoppers Osaka Guesthouse

  1. selamat malam mba vika,
    abis baca semua blog mba, langsung pusing liat rute kereta (karena belum nyoba sik), mau nanya, mba vika kan di osaka pakai Osaka Amazing Pass-one day tapi ga termasuk JR line, nah mba vika nginep di J-hoppers yang berada diline JR, berarti haru ngerogoh kantong lagi ya kalau pergi? lagi cari-cari hostel buat akhir april tapi mau yang deket station. kalau pakai kartu SUICA yang ditokyo apakah bisa dipakai di osaka juga?
    terima kasih, mohon pencerahannya

    1. Hai Henry!!!!
      Hihihi….
      Langsung praktek lapangan, biar gak pusing liat rute keretanya, Henry! 😀

      Yup, setiap balik ke hostel selalu merogoh kocek tiket 120 Yen untuk naik kereta JR Osaka Loop Line – Inner Loop (Uchimawari Line).

      Sepuluh kartu IC Card dapat di pakai di Tokyo, Kyoto, Yokohama, Osaka, Kobe, Nagoya dan Fukuoka. Cek detailnya di http://www.japan-guide.com/e/e2359_003.html

      Semoga jawabannya tercerahkan ya! 😉

      1. terima kasih mba atas infonya,
        mau nany lagi ya, saya kemungkinan 8 hari di jepang, mau ke osaka 3 hari, 2 hari kyoto, 3 hari sisanya bingung, niatnya mau ke shirakawago. nah setelah baca baca blog mba dan orang-orang, lebih deket kyoto – kanazawa (nginep) shirakawago (hanya 2,5 jam sampai kanazawa) kalau beli tiket JR buat PP itu, bisa lgsg dr sana atau beli internet? saya mau beli yang nilai nilai fare aja unreserved, biar murah.
        terima kasih

      2. Saran gw, booking disana langsung aja, Henry. In case kalau ada perubahan rencana, masih bisa dipertimbangkan masak-masak.
        Kalau takut full seat, sesampainya di Jepang bisa langsung booking lewat kantor JR.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s