[Kamboja] Special Edition of Bang Ratha

” Temannya Didito,
Pilihannya Uke,
Persetujuannya Vika,
Demenannya Dani … “

Special tagline yang diberikan oleh Uke untuk Bang Ratha (seorang) !

*****

Ngubek-ngubek cerita tentang supir tuk-tuk memang rasanya banyak bertebaran di blog-blog. Tapi menjatuhkan pilihan hati kepada seseorang supir tuk-tuk pasti tidak akan mudah, mengingat seluruh perjalanan (baca:hidup) kami akan dibebankan kepada seorang supir bersama tuk-tuknya.

Menurut jatah kerjaan, pembagian tugas tour guide diberikan kepada Uke, namun karena gw tidak sabar dalam ketidakpastian siapa yang akan mengawal kami di dalam tour singkat SR, gw memberikan beberapa option beberapa pilihan supir tuk-tuk untuk segera di tindak lanjut oleh Uke. Selanjutnya biar insting Uke yang memilih. πŸ˜€

Sambil berjalannya waktu Uke menentukan kandidat, Didit sempat kami minta untuk menanyakan jasa paket tur yang disediakan oleh hotel tapi berhubung pihak hotel (sepertinya) rada-rada susah menyusaikan dengan itinerary yang kami minta, maka pilihan mencari supir tuk-tuk yang ‘singel fighter’ tetap kembali menjadi prioritas. Hingga akhirnya ketika Uke sudah memutuskan, kami request keΒ Didit untuk menghubungi Bang Ratha, Bang Ratha pun sangat responsif menjawab email dari Didit, tawar menawar harga, cucok dengan harganya dan terjadilah kesepakatan jual beli jasa! *jabat tangan virtual dengan Bang Ratha*

*****

Me with Bang Ratha
Me with Bang Ratha
Kami dengan pemberian Karma dari Bang Ratha
Kami dengan pemberian Karma dari Bang Ratha

Nama aslinya adalah Mr. Kloy Ratha, tapi kami memanggilnya dengan panggilan sayang “Bang Ratha” *uhuk uhuk*

Terus, apa yang membuat kami terkesan dengan Bang Ratha?
Pertama kali gw melihat wajahnya, tidak ada yang mencolok dari penampilannya, bahkan penampilannya terkesan sangat sederhana. Namun senyuman ramah dan muka polosnya langsung menarik perhatian gw kami. Tutur katanya menunjukan kejujurannya dan disetiap akhir percakapan selalu disertaiΒ dengan senyuman. Dengan tingkat keberisikan (baca:kecerewatan) dan canda tawa kami yang suka tidak jelas, hanya di balas dengan senyuman (kembali). Memang sosok pribadi yang menyenangkan!

Selama di SR, interaksi lebih banyak kami lakukan dengan Bang Ratha di bandingkan dengan orang lain. Bahasa inggrisnya memang tidak terlalu gape, bahkan beberapa kosa kata ada yang tidak dimengerti oleh Bang Ratha. Tapi untuk percakapan standar sehari-hari, kami masih bercakap-cakap dua arah dengan Bang Ratha.

Bagaimana dengan biaya rate tuk-tuk yang diminta Bang Ratha?
Sesuai dengan itinerary yang ada disini, kesepakatan untuk hari pertama dikenakan biaya 20 USD dan untuk hari kedua dikenakan 15 USD, pluuusss kami diberikan free of charge pengantaran menuju bandara. Dan…dan…dan..dan…setiap harinya kami diberikan free 1 bottle cold mineral water and cold towel. Setiap kami selesai mengunjungi candi dan kembali ke tuk-tuk dengan berpeluh keringat, doski dengan sigap menanyakan apakah kami mau minum atau menggunakan cold towel. Servicenya top markotop deh !!!

Di hari terakhir kami sebelum berpisah, Bang Ratha memberikan suvenir kain krama kepada kami. Tidak mahal memang, tapi rasanya justru menambah point plus di mata kami dalam menggunakan jasa tuk-tuk Bang Ratha.
Dan di akhir postingan ini, gw hanya bisa menulis, “You’re my favorite tuk-tuk driver, Bang Ratha !!!”

Untuk info selanjutnya bisa kontak langsung Bang Ratha melalui email di gambar bawah ini ya… πŸ˜‰

Mr. Kloy Ratha's name card #1
Mr. Kloy Ratha’s name card #1
Mr. Kloy Ratha's name card #2
Mr. Kloy Ratha’s name card #2

 

Advertisements

One thought on “[Kamboja] Special Edition of Bang Ratha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s