Suntik Vaksin Meningitis

Kartu kuning atau ICV
Kartu kuning A.K.A ICV

Vaksin meningitis merupakan salah satu persyaratan yang di ajukan oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk para calon jamaah yang akan menunaikan ibadah haji dan umrah. Saudi Arabia merupakan salah satu negara endemik meningitis yang bisa ditularkan melalui udara. Dengan suntik vaksin meningitis ini dapat mengurangi resiko tertularnya meningitis hingga 85%, dilakukan 10-14 hari sebelum berangkat dan sebaiknya di ulang setiap 2-3 tahun sekali. Adapun kelompok resiko tertinggi terinfeksi meningitis yaitu jemaah haji/umrah, wisatawan, pelajar dan tentara. Setelah suntik vaksin meningitis, kita akan mendapatkan kartu kuning A.K.A International Certificate of Vaccination or Prophylaxis (ICV). Dan kartu kuning inilah yang akan disertakan dalam berkas yang di ajukan untuk pembuatan visa Saudi Arabia.

Setelah grasak-grusuk, tanya sana-tanya sini informasi tempat vaksin meningitis, ada beberapa pilihan tempat untuk suntik vaksin meningitis, antara lain :

  1. Klinik Garuda Sentra Medika
    Klinik yang berlokasiΒ  JL. Angkasa Blok.B15 Kav.1 Kemayoran Jakarta Pusat ini menyediakan suntik vaksin meningitis pada hari Sabtu. Namun jangan lupa untuk membuat janji terlebih dahulu karena ketika gw mencoba menelpon mereka di nomor 021-68899193, mereka belum mempunyai jadwal vaksin meningitis pada tanggal yang gw inginkan.
  2. Pihak travel menginformasikan kalau kita bisa suntik vaksin meningitis di Wisma Haji dan Umrah yang beralamat di Jl. Mampang Prapatan no.88, Jakarta Selatan. Suntik vaksin meningitis dilakukan hari Sabtu, jam 09.00 – 12.00.
  3. KKP Bandara Halim Perdanakusuma
  4. KKP Bandara Soekarno Hatta
  5. KKP Pelabuhan Tanjung Priok

Awalnya gw menghindari KKP Halim Perdanakusuma karena disini tempat paling penuh antrian orang-orang untuk suntik vaksin meningitis di antara KKP yang lain. Ada option lain yaitu di rumah sakit besar milik pemerintah yang menyediakan suntik vaksin meningitis, seperti RSUP Fatmawati dan RSUP Persahabatan. Namun, semenjak awal tahun 2014 kerjasama antara KKP dan RS di pending untuk sementara waktu dan akhirnya gw terjebak dengan beberapa pilihan yang semakin mengerucut.

Hingga di suatu hari ketika Bos menyuruh gw rapat ke Hang Jebat *edisi sok sibuk rapat* , iseng-iseng berhadiah gw meminta ijin permit untuk suntik vaksin meningitis setelah gw selesai rapat dan permit pun keluar dengan mudah. Gw janjian dengan nyokap untuk bertemu langsung ke KKP Halim Perdanakusuma dan gw akan menyusul nyokap di siang hari. Pendaftaran vaksin meningitis di KKP Halim Perdana Kusuma buka setiap hari kerja, Senin – Kamis jam 07.00 – 12.00 dan Jumat jam 07.00 – 11.30.
Persyaratan yang harus dibawa yaitu :

  • fotokopi paspor/resi pengambilan paspor 1 lembar
  • pas foto berwarna 4×6 sebanyak 1 lembar

Berhubung fakta sebenarnya kalau pendaftaran itu bisa diwakilkan A.S.A.L.K.A.N ada fotokopi paspor dan pas foto, sedangkan berkas yang diminta tidak ada di tangan nyokap (melainkan ada di gw), alhasil dengan sedikit edisi bujuk-rayu-narsis-lebay-PDKT-versi Nyokap dengan dokter yang menyuntik doski, nyokap berhasil mendapatkan nomor pendaftaran buat gw. πŸ˜€ Dan gw akhirnya bisa menyusul ke Halim..

Gedung Divisi Teknik - tampak dari arah yang berlawanan dari jalan masuk
Gedung Divisi Teknik – tampak dari arah yang berlawanan dari jalan masuk

KKP Halim Perdanakusuma berlokasi di gedung Divisi Teknik, Bandara Halim Perdanakusuma. Jika kamu sudah melewati gerbang pintu karcis Bandara Halim Perdanakusuma, akan terlihat bundaran jalan. Susuri bundaran jalan maka disebelah kiri akan tampak gedung Divisi Teknik. Tempat pendaftaran dan pintu masuk KKP untuk vaksin meningitis terletak di bagian belakang gedung Divisi Teknik dan kamu bisa lewat jalan setapak kecil (seperti gang) yang berada disamping gedung untuk menuju tempat pendaftaran ini.

Gw baru sampai Halim jam 11.55, berhubung KKP sudah memasuki jam istirahat, gw baru bisa disuntik setelah jam istirahat. Pukul 13.00 gw sudah duduk manis di tempat tunggu, jam 13.20 petugasnya keluar, meminta nomor pendaftaran orang-orang yang sudah menunggu.Β  Selang beberapa menit kemudian, ada 5 orang dipanggil masuk ke dalam ruangan Poli 2. Didalam poli , gw menunggu kembali antrian untuk disuntik dan tak lama kemudian gw akhirnya disuntik vaksin meningitis di lengan atas sebelah kiri dengan menggunakan SPUIT 1 CC *informasi yang penting banget buat orang yang takut disuntik* Oya, gw sempat ditawarkan untuk suntik influenza oleh petugasnya, berhubung tidak diwajibkan, ya gw tidak mengambil suntik influenza.

Setelah itu gw menuju ruangan sebelah, bayar Rp. 305.000 ke kasir, memberikan berkas-berkas kepada dokter dan kemudian diberikan kartu kuning. Praktis hanya setengah jam, dari mulai masuk poli, suntik vaksin meningitis hingga mendapatkan kartu kuning.

Oya, apakah hari itu di KKP Halim Perdana Kusuma penuh sesak orang???
Kalau dari laporan pandangan mata dari Nyokap, hari itu antrian vaksin meningitis cenderung sepi, tidak seramai yang ditakutkan orang-orang, nyokap hanya butuh waktu 1 jam dari pendaftaran hingga selesai disuntik. Namun esok harinya, ketika salah satu teman ikut suntik vaksin meningitis di KKP Halim Perdanakusuma, antrian orang-orang mengular dan membutuhkan waktu 2 jam hingga selesai di suntik. Sepertinya faktor keberuntungan berpihak kepada gw pada saat itu.. πŸ˜‰

Tempat pendaftaran dan ruang tunggu KKP Halim Perdanakusuma
Tempat pendaftaran dan ruang tunggu KKP Halim Perdanakusuma
Advertisements

14 thoughts on “Suntik Vaksin Meningitis

  1. Saya mau tanya, kalau buku paspornya sedang ada di agen travel nya bagaimana ya? Fotokopi buku paspor nya nanti di berikan ke dokternya? Lalu, pembayaran 305.000 itu untuk 2 orang?

    Terima kasih

    1. Hai Isti..
      Fotokopi paspornya nanti bisa diserahkan ke dokter, nanti dia akan mencatat nama dan no paspor yg sesuai tertera di fotokopian. Sdgkn harga 305rb itu untuk sekali suntik/orang ya..

  2. Hi Vika, tempat suntik di Halim itu masih ada gak ya smp sekarang, sSaya dan kel akan pergi umroh bulan depan.
    Mohon infonya.
    Ada yg bisa di telp utk di Halim ?

  3. Mba vika,,kalau paspor sy msh dlm proses dan hnya ada resi pembuatannya.
    Apakah kartu kuningnya bs saya terima?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s