[Singapore] Shophouse The Social Hostel

IMG_0711Pemilihan hostel memang susah – susah – gampang. Uke yang cenderung detail tentang urusan hostel mencoba menyaring hostel hingga akhirnya menyusut menjadi 2 pilihan, yaitu Mori Hostel atau Shophouse The Social Hostel. Uke menyerahkan pilihan akhir kepada gw dan gw akhirnya memilih Shophouse The Social Hostel dengan pertimbangan akses dari Changi Airport menuju Bugis hanya sekali transfer dengan MRT, tanpa harus berkali-kali transfer MRT jika menginap di Mori Hostel. Agak-agak ribet ya kalau harus transfer MRT ditambah dengan padatnya penumpang MRT dan gw harus menggeret koper.

Kami membandingkan harga yang ditawarkan website hostelbookers, hostelworld dan hostel, ternyata kami bisa mendapatkan diskon 2 dollar Singapura daripada harga yang ditawarkan jika memesan lewat website Shophouse langsung. Kami memesan 2 bed di ruangan 8 bed female dorm dengan harga 30 Sing/orang/hari. Female dorm ini berada di lantai 3, dimana lantai ini terdiri dari 2 ruangan utama yaitu ruangan 12 bed female dorm dan 8 bed female dorm, 3 kamar mandi dimana masing-masing kamar mandi mempunyai shower dan toilet serta terdapat fasilitas setrikaan dan hair dryer. Akses menuju lantai 3 ini harus menggunakan room key card sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam lantai ini.

Jarak dari MRT Station untuk menuju hostel menurut websitenya hanya berjarak 300 meter menuju Arab Street dan posisi hostel hampir berada di ujung Arab Street. Jika berjalan dengan gaya jalan orang Indonesia bisa memakan waktu 15 – 20 menit. Sedangkan total waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Changi Airport hingga tiba di hostel kurang lebih 40 – 60 menit.

Sesampai di Shophouse, kami segera lapor kepada resepsionis. Berhubung belum masuk jam check in, kami diberikan room key card access dan kunci loker bernomer. Loker bernomer ini berada di samping tempat tidur yang berarti konci loker bernomer ini akan menunjukan tempat tidur yang akan kami gunakan selama kami menginap.

Lantai satu di Shophouse merupakan resepsionis, luggage store, laundry machine dan cafe. Lantai dua dan empat terdapat mixed dorm, lantai tiga merupakan female dorm dan rooftop terdapat common room, ruang makan, mini kitchen dan teras. Gw sempat singgah ke common room dan teras yang berada di rooftop, walau memang ruangannya terbilang kecil, namun masih oke untuk menjadi tempat bersosialisasi dengan tamu hostel yang lain.

Selama gw menginap di Shophouse, gw tidak sempat memfoto kamar yang gw inapi karena setiap gw kembali ke kamar, kamar selalu terisi orang dan gw terlalu malas untuk izin ke mereka jika harus mengambil foto. Foto kamar yang terpampang di website kurang lebih sama dengan kenyataannya, yang berbeda hanya koper memenuhi ruangan yang tersisa di kamar. Setiap tempat tidur mempunyai stop kontak listrik dan lampu membaca, sayangnya tempat tidur yang gw gunakan sedikit tidak nyaman karena terdapat sedikit lekuk yang menjorok ke bawah. Kamarnya sendiri memang tidak terlalu luas, tapi untuk ukuran hostel dengan koper bertebaran dimana-mana, rasanya ruangan ini masih layak huni.

Secara keseluruhan, hostel ini merupakan salah satu hostel yang nyaman. Yang gw suka dari hostel ini :

  • sangat mudah menemukan makanan halal karena hostel berdekatan dengan Mesjid Sultan sehingga gw gak sibuk memikirkan tempat makan
  • fasilitas kamar mandinya yang berdekatan dengan kamar dan masing-masing kamar mandi mempunyai toilet dan shower yang terintegrasi πŸ˜€

http://www.shophousehostel.com/

The Shophouse Social Hostel
The Shophouse Social Hostel
The Shophouse #1
The Shophouse Social Hostel #1
The Shophouse #2
The Shophouse Social Hostel#2 ; The receptionist
Decoration
Decoration
The Shophouse #3
The Shophouse Social Hostel #3
The Shophouse #4
The Shophouse Social Hostel #4
Female floor
Female floor
Arab street in the morning
Arab street in the morning
Pemandangan dari belakang hostel
Pemandangan dari belakang hostel
3 thoughts on “[Singapore] Shophouse The Social Hostel

  1. hai, kak vica..
    kenalin, aku ike.. aku browsing google cari review blogger tentang shophouse the social hostel.. trus nemu blog ini..
    membantu sekali reviewnya dan foto2nya… karena rencananya aku mau ke singapore Mei 2015..
    klo boleh, dan ga ngerepotin bolehkah diinfokan :
    1. bagaimana cara booking shophouse tanpa kartu kredit?
    2. berapa deposit yg ditahan sampai check out?
    3. apakah resepsionis standby 24 jam (karena kemungkinan nyampe singapore jam 8 atau 9 malam)?
    4. bagaimana rute terdekat jalan kaki dari stasiun MRT Bugis ke Shophouse?
    5. apakah banyak dijumpai makanan vegetarian di sekitar situ?
    terima kasih sebelumnya, kak..

    1. Hai Ike,
      Salam kenal ya…
      1. Waktu itu aku reservasi ke Shophouse langsung, pembayarannya langsung kami bayar cash ketika kami tiba di Shophouse.
      2. Depositonya sebesar 10 Dollar Sing
      3. kalau utk jam operasional resepsionisnya saya kurang tahu apakah bs sampai malam, tapi saran saya cb konfirmasi ketika kamu booking kamar ke Shophousenya apakah bisa check in late
      4. Untuk rute terdekat jalan kaki bisa kamu liat di google maps atau ikuti saja petunjuk dari website Shophouse, mudah untuk diikuti kok
      5. Kalau untuk makanan vegetarian saya kurang tahu, karena lebih banyak makanan India di daerah Sultan Mosque. Tapi mungkin di daerah Bugis+ atau Bugis Junction akan mudah menemui vegetarian foods.
      Happy hunting!

Leave a Reply

