[Wonderful Indonesia] Pulau Belitung

Setelah dilihat-lihat dan dirunut-runut, kenapa postingan gw semuanya bercerita tentang perjalanan di luar negeri ya ??? Weits, jangan salah! Sebenernya foto-foto perjalanan dalam negeri juga luar binasa banyaknya, tapi berhubung hormon pemalas gw mengalahkan apapun, alhasil foto-foto keeksotisan Indonesia lebih banyak gw pajang di facebook saja.

Sebagai abdi negara, perkerjaan gw membuat gw sering berpergian ke beberapa provinsi di Indonesia. Walaupun pada umumnya perjalanan itu lebih sering dihabiskan dengan pertemuan-pertemuan, hotel-Dinas-Rumah Sakit, tempat makan dan tempat belanja oleh-oleh. Untuk bisa kabur jalan-jalan menikmati pariwisata di suatu daerah itu rasanya seperti mukjizat dan kalau mendadak ada tawaran mengunjungi tempat pariwisata, tanpa berpikir 2 kali langsung hajar aja bleh .

Dan sekarang waktunya gw menjual pariwisata Indonesia..
Kali ini gw akan bercerita Capacity Building dengan teman satu Direktorat ke Belitung. Jangan sirik ya saudara-saudara. Ada bagian menderita juga kok, selama 2 hari 1 malam full kita menderita harus belajar di kelas.. 😦 Untuk bagian penderitaan ini akan gw skip ya, gak seru juga kalau harus dibahas.

Pesawat mendarat dengan mulus di Bandara H.AS.Hanandjoeddin, Tanjung Pandan. Sampai di Bahamas Hotel & Resort kami segera makan siang, beberes-beres sebentar dan setelah itu langsung digiring masuk kelas. Besok paginya kami harus masuk kelas kembali hingga sore hari.

Kerennya ini hotel, bagian belakang hotel langsung menuju pantai, jadi sore hari ketika air laut surut kami bisa menjelajah pantai sampai ke ujung tepian air laut. Lumayan jauh juga untuk mendekati tepian air laut. Banyak kapal juga yang tertambat di pinggiran pantai.

Cilukba..
Cilukba..
Kapal bersandar..
Kapal bersandar..
Cefore sunset
Before sunset #1
Before sunset
Before sunset #2
Cheese..
Cheese..

Besok harinya (tanggal 6 April 2013) semua rombongan rempong dah siap-siap menunggu di jemput oleh pihak travel. Kita diangkut oleh mobil elf dan kemudian di antar sampai Tanjung Kelayang. Dari Tanjung Kelayang kami menaiki beberapa perahu sewaan.

Island hoping pertama menuju pulau yang gw lupa namanya. Hehehe.. πŸ˜€
Pulau ini akan muncul kalau air laut sedang surut, kalau air laut sedang pasang pulau ini tidak akan terlihat. Sampai di pulau ini memang hanya terlihat pasir putih yang tidak terlalu luas, luasnya kurang lebih sebesar lapangan futsal deh. Tanpa banyak cincong, rombongan pun mulai heboh dengan bermain disekitar pulau sangat kecil ini, ada yang langsung berenang, ada yang hanya main pasir dan banyak juga yang bernarsis ria.

@ Tanjung Kelayang
@ Tanjung Kelayang
Siapakah pemilik perahu ini?
Siapakah pemilik perahu ini?
@Pulau yang gw gak tahu namanya
@Pulau yang gw gak tahu namanya πŸ˜€
Narsis dulu ya..
Narsis dulu ya..

Puas berpanas-panas, kami lanjutkan perjalanan ke Pulau Lengkuas. Di pulau ini terdapat mercu suar yang hingga saat ini masih dioperasionalkan. Sampai di pulau ini, yang lain leyeh-leyeh duduk tikeran, gw dengan beberapa teman mengadu nafas untuk menaiki mercu suar buatan 1882, yang mempunyai 273 anak tangga dan 18 lantai inih. Sampai di puncak mercu suar, terbayarlah jerih payah lelahnya naik tangga dan serta edisi ngos-ngosan. Pemandangannya dahsyat sekali!
Hamparan degradasi warna laut, birunya langit serta kumpulan batu-batu granit disekitarnya membuat gw terpana. Eksotisme pantai Indonesia memang T.O.P B.G.T!

Selesai menikmati Pulau Lengkuas, kami kembali ke perahu dan sesuai dengan permintaan rombongan rempong, perahu akan mampir di spot dimana kita bisa bersnorkeling. Perahu mulai menyusuri di sekitar Pulau Lengkuas, melabuhkan jangkar dan tanpa dikomando orang-orang langsung nyebur ke laut. Untuk jarak pandangnya masih okeh dan berbagai jenis ikan berkumpul di area snorkeling. Mantap!

Pulau Burung
Lengkuas Island
Disekitar Pulau Lengkuas
Around Lengkuas Island
Pulau Lengkuas #1
Lengkuas Island #1
Pulau Lengkuas #2
Lengkuas Island #2
Mercu suar
The lighthouse #1
The lighthouse
The lighthouse #2
View from the top of lighthouse #1
View from the top of lighthouse #1
View from the top of lighthouse #2
View from the top of lighthouse #2 *speechless*
Starfish
Starfish
Snorkeling
Snorkeling

Setelah puas bersorkling, perahu kembali mengarungi laut. Selanjutnya perahu berhenti di pulau berpasir putih (lagi), gw juga lupa namanya.. πŸ˜€ Ditambah setelah gw snorkling, gw memang tidak pegang kamera lagi. Badan gw lengket sama air laut cuuuyyy…
Dipulau itu, gw sibuk manjat karang dan menjadi banci foto kamera orang. Tapi nanti gw coba tanya sama tetangga sebelah deh punya soft copy foto di pulau ini atau tidak. πŸ˜‰

Hari mulai beranjak sore, kapal akhirnya kembali menuju Tanjung Kelayang. Dari Tanjung Kelayang, kami meneruskan perjalanan dengan menggunakan mobil menuju tempat syuting Laskar Pelangi yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Tempat ini semenjak masuk ke dalam film Laskar Pelangi semakin ramai dikunjungi. Harapan gw sih ya semoga dengan bertambah populernya pantai ini, pantai ini tetap terjaga kelestariannya.

Laskar pelangi
Laskar pelangi
Pantai Tanjung Tinggi #1
Tanjung Tinggi Beach #1
Pantai Tanjung Tinggi #2
Tanjung Tinggi Beach #2
Pantai Tanjung Tinggi #3
Tanjung Tinggi Beach #3
Pantai Tanjung Tinggi #4
Tanjung Tinggi Beach #4
Pantai Tanjung Tinggi #5
Tanjung Tinggi Beach #5
Pantai Tanjung Tinggi #6
Tanjung Tinggi Beach #6
Pantai Tanjung Tinggi #7
Tanjung Tinggi Beach #7
With geng rempong
With geng rempong
Leave a Reply

