[Hong Kong] Day 4 – Hong Kong Disneyland

Ada yang tahu rasanya terkena virus Rubella or German Measles???
Ternyata jika kita terkena virus ini ketika dewasa, rasa sakitnya lebih berat dan butuh recovery yang lama.
Dan ini yang terjadi pada gw saat ini, walaupun pada dasarnya virus ini sudah bisa ditangani dengan anti virus yang jitu tapi karena gw harus bed rest (dan hari ini adalah hari keenam gw bed rest), sambil mencoba melawan rasa pusing serta melupakan rasa nyeri di persendian kaki serta tangan (beda tipis antara sakit karena faktor ‘U’ atau sakit karena virus), gw coba mengatasi rasa jenuh terisolasi di kamar (read : mengisolasikan diri) dengan melanjutkan cerita trip Hong Kong..

*****

October 14, 2013

Jam 9 pagi kami keluar dari hotel menuju MTR Tsim Sha Tsui Station dengan tujuan Disneyland. Dengan menggunakan Tsuen Wan Line (jalur berwarna merah), kami harus berpindah jalur kereta di Lai King Station. Selanjutnya kami menggunakan jalur Tung Chung Line (jalur berwarna kuning) dan berhenti Sunny Bay Station. Dari Sunny Bay Station kami langsung menaiki kereta menuju Disneyland Resort Station. Sesuai dengan postingan orang-orang, MTR dari Sunny Bay Station menuju Disneyland Resort Station memang di rancang berdesain Mickey dan euforia Disneyland sudah mulai terasa!

Turun dari MTR, berfoto-foto sebentar dan kami berjalan keluar dari stasiun. Di luar stasiun, kami berjalan menyusuri jalanan hingga sampai di gerbang pintu masuk Disneyland. Dengan menggunakan tiket yang sudah kami beli di Ding-Ding Travel, kami mengikuti jalur antrian. Di pintu masuk Disneyland, tas bawaan akan diperiksa, semua makanan dan minuman akan disita. Sempat bersyukur juga tidak membawa ransum makanan dari hotel, daripada nanti melongo melihat makanan akan dibuang oleh para petugas Disneyland..

The train
The train
Disneyland Resort Station #1
Disneyland Resort Station #1
Disneyland Resort Station #2
Disneyland Resort Station #2
Direction
Direction
Welcome to Disneyland
Welcome to Hong Kong Disneyland Resort
Disney characters
Disney characters
The tickets
The tickets

Berhubung gw bingung harus memulai cerita dari mana, menurut sahabat dan guru spiritual blog gw yang bernama Uke πŸ˜€ , gw coba menuliskan jalur yang gw lewatin terlebih dahulu baru nanti akan gw jelaskan secara detail per area.

Begitu masuk Disneyland, dari kejauhan terdengar suara musik marching band. Marching band tersebut berhenti di area Main Street,USA. Kami pun ikutan berhenti, menikmati permainan lagu Soundtrack film Disney sambil mencoba menebak-nebak judul lagu tersebut. Setelah itu kami menuju area Fantasyland dan singgah di The Many AdventuresΒ  of Winnie The Pooh. Selesai bermain di The Many AdventuresΒ  of Winnie The Pooh, kami menuju area Adventureland yaitu Festival of The Lion King yang merupakan pertunjukan musikal. Kemudian kami berjalan melewati area Grizzly Gulch, Mystic Point & Toy Story Land tanpa menaiki satu wahanapun di area ini. Setelah itu kami mengeksplor area Fantasyland. Sambil menunggu waktunya Fantasy Parade, kami kembali menuju Main Street,USA untuk mencari makan siang, suvenir dan menonton parade. Selesai menonton Parade, kami menjelajah area Tomorrowland dan kembali ke tempat pertunjukan The Golden Mickeys di area Fantasyland. Dari Fantasyland, kami menuju Jungle River Cruise di area Adventureland dan menutup hari dengan menggunakan kereta untuk mengelilingi Disneyland.

Marching Band #1
Marching Band #1
Marching Band #2
Marching Band #2

Berikut ini 7 area yang ada di Disneyland, berikut atraksi yang ada didalamnya :

1. Main Street, USA
Ini merupakan jalan utama di Disneyland. Kanan kiri jalan berisi bangunan yang menjual souvenir serta tempat makan. Kami menyempatkan makan siang roti di Market House Bakery. Sebenarnya rada galau juga ketika harus memilih antara jenis roti yang akan dibeli, harga roti serta tingkat kelaparan yang gw hadapi. Akhirnya pilihan jatuh ke Cheese bread dengan alasan rotinya paling besar dan panjang di antara roti yang lain πŸ˜€ , tapi untuk rasa rotinya sendiri terasa enak kok.. *angguk-angguk kepala*

Tempat suvenirnya sebenarnya tersebar di semua area Disneyland, tapi tempat suvenir di area ini memang tempat suvenir yang paling besar dan lengkap, gw sendiri bolak-balik di tempat suvenir ini selama satu jam sambil menunggu mulainya Flights of Fantasy Parade.
Flights of Fantasy Parade dimulai jam 03.30 PM, namun berhubung dari siang sudah turun hujan , gw memilih spot dengan duduk dibawah pohon (yang tidak rindang) dan disebelah kiri gw berdiri 1 pasang perusuh kecil berumur 4-5 tahun dan sebelah kanan gw berdirilah sebuah tempat sampah besar (dimana tong sampah ini tidak akan rusuh oleh keberadaan gw) . Flights of Fantasy ParadeΒ  yang bertema “Rainy Day Express” saat itu hanya berlangsung sebentar sekali dan karakter yang keluar pun hanya sedikit. Sebenarnya hati agak kecewa ketika tahu karakter Disney yang keluar hanya sedikit mengingat gw sudah duduk setia bersebelahan dengan perusuh kecil menanti mulainya parade, tapi mungkin karena hujan pula lah yang membuat parade tidak dibuat panjang mengingat banyak anak-anak yang menonton parade ini.

Di area ini terdapat pula Hong Kong Disneyland Railroad, dimana kereta ini akan membawa kita untuk berkelilingi Disneyland. Kami sempat naik kereta ini sebagai atraksi yang paling akhir kami coba dimalam hari sebelum kami meninggalkan Disneyland. Dan hasilnya…ternyata pemandangan yang didapat selama perjalanan sangat terbatas, karena hampir disebagian perjalanan kita hanya dapat melihat pemandangan alang-alang tinggi dan pepohonan. Pada akhirnya, kereta ini adalah tempat hibernasi gw setelah lelah berkeliling seharian. Jadi menurut gw, atraksi ini bisa di skip kecuali kalau kalian ingin menjadikan kereta ini sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan ataupun sekedar melepas lelah.

Killing time ; waiting the Parade
Killing time ; waiting the Parade
Flights of Fantasy Parade #1
Flights of Fantasy Parade #1
Flights of Fantasy Parade #2 ; iring-iringan parade yang sangat pendek :(
Flights of Fantasy Parade #2 ; iring-iringan parade yang sangat pendek 😦
Flights of Fantasy Parade #3
Flights of Fantasy Parade #3
Flights of Fantasy Parade #4
Flights of Fantasy Parade #4
Market House Bakery
Market House Bakery
My deliciuos bread - 28 Hkd
My delicious cheese bread – 28 Hkd
Souvenirs #1
Souvenirs #1
Souvenirs #2
Souvenirs #2
Magnet 40 Hkd
Magnet 40 Hkd
Bags 15 Hkd
Bags 15 Hkd
Tumbler of Mickey 98 Hkd
Tumbler of Mickey 98 Hkd

2. Adventureland
Di adventureland memiliki 1 atraksi yang tidak boleh dilewatkan yaitu Festival of The Lion King yang merupakan drama musikal The Lion King
. Kalau dilihat dari judulnya pasti sudah bisa ditebak ya jalan ceritanya yaitu The Lion King sang penguasa rimba bersama Simba yang melawan sang penjahat. Yang bikin menarik dari pertunjukan ini yaitu adanya atraksi permainan api serta tarian (indah) sang balerina yang menari dengan menggantung pada seutas tali. Adapun jam pertunjukannya itu Kamis-Minggu, 12.00 PM, 1.30 PM, 4.00 PM dan 5,15 PM sedangkan Senin-Rabu 12.00 PM, 2.00 PM, 4.30 PM dan 6.00 PM.

Adapula Jungle River Cruise, ketika masuk disini kami diarahkan menuju kapal dengan nahkoda yang akan berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Kami akan mengarungi Rivers of Adventure dan bertemu dengan berbagai macam hewan serta penduduk primitif yang akan menghujani kapal dengan panah. Di akhir perjalanan, kapal akan melewati tantangan derasnya sungai serta beberapa kejutan ledakan kecil. Karena kami menaiki kapal ketika hari sudah gelap, sensasi misteriusnya selama perjalanan sangat terasa. Walaupun pada akhirnya setelah selesai perjalanan, mungkin terlintas dalam pikiran , “Ow, segini saja!” πŸ˜‰

Oya, disini juga ada Tahitian Terrace yang menjual makanan India dengan Label halal Certificate ya!

Liki Tikis ; One of attractions at Adventureland
Liki Tikis ; One of attractions at Adventureland
Festival of The Lion King #1
Festival of The Lion King #1
Festival of The Lion King #2
Festival of The Lion King #2
Festival of The Lion King #3
Festival of The Lion King #3
Festival of The Lion King #4
Festival of The Lion King #4
Festival of The Lion King #5
Festival of The Lion King #5
Festival of The Lion King #6
Festival of The Lion King #6
Festival of The Lion King #7
Festival of The Lion King #7

3. Grizzly Gulch
Disini hanya terdapat 2 mainan yaitu Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars yaitu permainan mini rollercoaster dan Geyser Gulch yaitu area dimana kita bisa bermain (perang) air.Berhubung ketika kami tiba di tempat ini saat hujan mulai turun dan kami sudah mulai lapar, kami tidak berlama-lama di area ini (walaupun sebenarnya gw ingin mencoba rail coasternya) dan segera melanjutkan perjalanan tanpa sempat memfoto area ini.

Grizzly Gulch
Grizzly Gulch

4. Mystic Point
Di area ini ada 1 atraksi yang antriannya cukup panjang yaitu Mystic Manor. Kami juga men-skip atraksi ini dengan alasan males liat antriannya dan gw masih berupaya menyelamatkan kamera dari hujan. Hehehehe…
Oiya, di area ini terdapat Explorer’s Club Restaurant yang mempunyai Halal Certificate. Awalnya kami berniat makan siang disini, namun ketika melihat harga Nasi Goreng tercantum 128 Hkd, Indonesian Style Fish with Sambal Satay Sauce seharga 118 Hkd, Javanese Vagatable Curry seharga 88 Hkd. Tanpa ba-bi-bu, kami pun berbalik arah mencari tempat makan yang lain. M.a.h.a.l b.a.n.g.e.t….!!!!!

Mystic Manor
Mystic Manor

5. Toy Story Land
Disinilah tempat favorit gw di Disneyland!!!!!
Begitu gw masuk area ini, gw langsung jatuh cinta dengan tempat ini. Alasannya ??? I don’t know, I just love this place.. *angkat bahu*
Semakin ke dalam, gw semakin menyukai area ini. Area ini memang berisi dengan atraksi yang beradrenalin, seperti Toy Soldier Parachute Drop (Drop from the sky with the toy soldiers in a parachute training drill that thrills) dan RC Racer (seperti rollercoaster berkecepatan tinggi dengan jalurnya berbentuk huruf U), namun aksesoris disekitarnya terasa seperti di cerita Toy Story, Andy’s room. Dan walaupun (lagi-lagi) gw men-skip atraksi permainan di area ini, gw lebih suka mengeksplor area ini untuk bernarsis ria.. πŸ™‚

Welcome to Toy Story Land #1
Welcome to Toy Story Land #1
Welcome to Toy Story Land #2
Welcome to Toy Story Land #2
Toy soldier parachute drop
Toy soldier parachute drop
RC Racer
RC Racer
Toy Story Land #1
Toy Story Land #1
Toy Story Land #2
Toy Story Land #2
Toy Story Land #5
Toy Story Land #3
Toy Story Land #3
Toy Story Land #4
Toy Story Land #4
Toy Story Land #5
Toy Story Land #6
Toy Story Land #6
We'r at " This way"
We’r at ” This way”
We'r at " This is it!"
We’r at ” This is it!”

6. Fantasyland
Sesuai dengan namanya yaitu Fantasyland, area ini memang sangat terasa imajinasi fantasinya, terutama untuk para anak perempuan karena disini kita akan banyak menemukan atraksi yang sangat pinky dan girly. Area ini memang sangat banyak atraksi, kami singgah di 4 tempat atraksi di area ini yaitu Mickey’s PhilharMagic, The Golden Mickey, It’s a Small World and The Many Adventures of Winnie the Pooh. Tapi ada atraksi yang tidak boleh dilewatkan yaitu Mickey’s PhilharMagic and The Golden Mickey.

Mickey’s PhilharMagic adalah atraksi Mickey dan teman-temannya dalam nuansa 3 Dimensi, walaupun tidak seseru 3D di Universal Studio Singapore tapi lumayanlah melihat kecemprengan Donald beraksi.
sedangkan di The Many Adventures of Winnie the Pooh kita akan diajak mengikuti petualangan Winnie the Pooh untuk versi anak 3-6 tahun.. πŸ˜€

It’s a Small World hampir sama seperti Rumah Boneka di Dufan dengan berbagai macam boneka dari berbagai negara.Β  Sedangkan The Golden Mickey merupakan drama musikal Mickey dan teman-temannya, seperti Woody, Lilo and Stitch, Beauty and The Beast,dll. Adapun jam pertunjukanΒ The Golden Mickey yaitu jam 12.45 PM, 1.45 PM, 4.00 PM, 5.00 PM, 6.15 PM.

Note : Ketika kami akan menonton atraksi ini, kami sudah lari-larian untuk menuju tempat ini dan ketika sudah sampai, ternyata antrian sudah ditutup (padahal pertunjukan belum dimulai) sehingga kita harus menunggu jam pertunjukan selanjutnya. Dan bodohnya, it happened twice!!! Jadi saran gw, setengah jam sebelum pertunjukan kita sudah harus segera antri.

Inside of The Many Adventures of Winnie the Pooh #1
Inside of The Many Adventures of Winnie the Pooh #1
Inside of The Many Adventures of Winnie the Pooh #2
Inside of The Many Adventures of Winnie the Pooh #2
The Golden Mickeys #1
The Golden Mickeys #1
The Golden Mickeys #2
The Golden Mickeys #2
The Golden Mickeys #3
The Golden Mickeys #3
The Golden Mickeys #4
The Golden Mickeys #4
The Golden Mickeys #5
The Golden Mickeys #5
The Golden Mickeys #6
The Golden Mickeys #6
Inside It's a Small World #1
Inside It’s a Small World #1
Inside It's a Small World #2
Inside It’s a Small World #2

7. Tomorrowland
Di Tomorrowland ada beberapa atraksi yang menarik yaitu Space Mountain-Ghost Galaxy (Explore the darkness of the outer regions of an alternate universe on this fast and furious rollercoaster), Stitch Encounter (sayangnya ketika kita akan masuk tempat ini, bahasa translate yang akan digunakan bahasa Mandarin, jadi kita batal masuk) dan Buzz Lightyear Astro Blasters ( permainan mengumpulkan skor dengan cara tembak-tembakan).
Dan sayangnya, ternyata gw sama sekali tidak sempat foto-foto di area ini .hehehe… πŸ˜€

Kesimpulannya :
Menurut gw, Disneyland Hong Kong ini memang surgawinya permainan anak-anak. Hampir seluruh permainan memang didesain untuk anak-anak (dan keluarga). Untuk orang dewasa yang ingin mencari permainan yang memacu adrenalin, jangan harap menemukannya di Hong Kong Disneyland dan bersiap-siaplah kecewa.. πŸ˜‰

Selesai menikmati Hong Kong Disneyland, kami sengaja men-skip Fireworks dari list dan pulang menuju ke pusat kota. Niatnya kami akan ke daerah Central untuk mencari tumbler Starbucks. Kami kembali menggunakan MTR sesuai dengan jalur MTR di pagi hari, namun kami akan turun di Central Station. Setiba di Central Station, gw blank mau berjalan kearah mana karena gw tidak mempersiapkan diri untuk mengeksplor area ini. Sempat beradu argumen dengan Adhe untuk mementukan pintu keluar yang akan kita tuju dari Central Station hingga akhirnya kita keluar dari pintu exit J2.Ketika sudah di luar jalan, saat itu jam menunjukan pukul 20.00 tapi suasana jalan sudah tampak sepi dan dijalanan tempat kami berdiri dalam keadaan ditutup untuk kendaraan (baik kendaraan umum ataupun pribadi) sehingga hanya dipenuhi oleh orang-orang yang sedang berkumpul di jalan yang ditutup tersebut. Dari pada kami nyasar di malam hari dan besok kami akan kembali pulang ke Jakarta, kamipun memutuskan kembali ke penginapan.

Sesampai di Tsim Sha Tsui Station, kami mencoba untuk mencari shopping center yang berdekatan dengan hotel dan ternyata persis di seberang hotel terlihat outlet Starbucks. Pfiuuuhhh…
Kami memutuskan mampir dan mencari Tumbler, sebelumnya akhirnya kembali ke penginapan.

Tumbler Starbucks 103 Hkd
Tumbler Starbucks 103 Hkd
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s