[Hong Kong] Backpacker ke Hong Kong – Macau ; Day 1 – My 2nd trip to Hong Kong

Welcome to Hong kong
Welcome to Hong Kong

October 11, 2013

Perjalanan ke Hong Kong kali ini adalah perjalanan gw untuk kedua kalinya. Awal tahun 2011 gw bersama geng kantor ikut paket tour ke Hong Kong dan Shenzhen, Cina. Berhubung saat itu kita ikut paket tur, dimana kita digiring dari satu tempat ke tempat dengan waktu yang terbatas, ada beberapa tempat belanja (suka atau tidak suka) yang harus wajib kita datangi dan terbatasnya tempat yang didatangi membuat gw mewajibkan diri kembali ke Hong Kong untuk kedua kalinya. Namun saat ini, perjalanan ke Hong Kong akan ditambah dengan perjalanan menuju Macau ( terbayang-bayang runtuhan gereja St. Paul di benak gw ; It’s a must destination!!!! ) serta Disneyland pastinya…

Seminggu sebelumnya, gw dapat informasi kalau gw (mendadak) harus dinas di hari Rabu – Jumat ke Kupang, NTT. Alhasil gw harus mengatur jadwal penerbangan dari Kupang ke Jakarta pada siang hari sehingga gw tidak telat sampai Soetta. Di hari H-nya flight dari Kupang-Bali-Jakarta sempat membuat jantung gw deg-degan karena flight delayed selama 40 menit yang menyebabkan pesawat landing di Soetta pukul 18.05 Wib.. 😦

Sesampai di Soetta edisi kejar-kejaran waktu plus rushing pun terjadi, gw segera memindahkan barang-barang penting ke dalam tas yang akan gw bawa ke HK, tuker koper dan bergegas menuju Terminal 3 (saat itu gw landing di terminal 2F). Di terminal 3 setelah bertemu Adhe, kita segera memasukan bagasi ke kaunter Drop Off Baggage, naik ke lantai 2 untuk shalat, menuju Imigrasi dan berakhir di ruang tunggu keberangkatan.

Jam 21.00 pesawat Air Asia menuju KL take off. Selama di pesawat rasa lelah mulai mendera dan membayangkan bahwa di KL-LCCT kita akan tidur di bandara. Memang dari awal rencana perjalanan ke HK, gw dan adhe sudah sepakat untuk menginap di bandara untuk menghemat budget (pastinya) dan mengurangi persentase kemungkinan telat check in. Saat itu gw hanya meratapi nasib karena tidak sempat membooking Tunes hotel di KL-LCCT. Memang dulu gw sudah pernah tidur di Mc Donald KL Sentral, jadi seharusnya edisi tidur di KL-LCCT tidak akan bermasalah.Β  Tapi kenyataannya saat ini (alasan pertama) badan gw sudah tidak sebugar dulu (alias manula) ditambah (alasan kedua) gw baru saja selesai dinas dari Kupang jadi kurangnya tidur kali ini bisa berdampak ke perjalanan esok harinya. πŸ˜€

Pesawat landing di KL-LCCT jam 23.45 waktu KL, setelah selesai dengan urusan imigrasi dan bagasi, kami segera keluar dari bandara dan menuju Self Check In kiosk untuk check in. Pesawat besok hari dijadwalkan take off jam 07.10, supaya aman dari kemungkinan telat check in, kami check in di malam hari dan besok hanya tinggal drop off baggage.
Disekitar tempat check in terhampar pemandangan orang-orang yang sudah sampai di alam mimpi serta orang-orang yang sedang mempersiapkan diri untuk tidur. Sempat berputar-putar sebentar untuk mencari tempat yang okeh untuk kita bermalam hingga akhirnya kami melihat kursi kosong yang berdekatan dengan KFC (FYI, posisi KFC berada di depan pintu Terminal Kedatangan Domestik). Duduk manis, cari posisi duduk yang nyaman, pasang alarm HP, atur posisi koper di kaki, atur tas ransel di samping badan, pasang bantal leher dan akhirnya gw siap menuju alam mimpi.

Jam 04.15 alarm berbunyi, gw memaksakan diri untuk bangun, menyegerakan diri untuk beberes barang dan berjalan terhuyung-huyung (antara sadar dan tidak sadar) menuju kounter Drop Off Baggage. Setelah urusan bagasi selesai, kami menuju imigrasi, mampir ke Prayer Room untuk shalat Subuh dan menunggu waktunya boarding di ruang tunggu. Jam 06.45 pesawat menuju HK pun boarding. Sesampai di pesawat, gw memutuskan untuk melanjutkan tidur. Gw hanya terbangun ketika pramugari-pramugara Air Asia memberikan makan pagi dan setelah itu, gw melanjutkan tidur lagi. Jam 11 kurang, Pilot Air Asia mengumumkan bahwa pesawat akan segera landing di HKIA. Buka mata (bukan mata hati ya πŸ˜‰ ), buka penutup jendela, tarik nafas dan menengok pemandangan HK dari jendela pesawat. And finally, welcome to HK !!!

HK's view from the top #1
HK’s view from the top #1
HK's view from the top #2
HK’s view from the top #2
18 thoughts on “[Hong Kong] Backpacker ke Hong Kong – Macau ; Day 1 – My 2nd trip to Hong Kong

    1. Gw ngambil pesawatnya bukan yang connecting flight,rat. Jadi gw booking flight Jkt-KL dan KL-HK nya terpisah, alhasil gw harus ke imigrasi dan ambil bagasi lagi.
      Kalau gw beli langsung Jkt-KL-HK, gw baru sampai HK nya jam 4 sore sedangkan kalau gw beli terpisah, gw sampai HK jam 11 siang. Lumayan kan untuk dipakai jalan-jalan di HK..

  1. Hallo.. Blh tau g di Macau nginep di penginapan apa dan hargany brpaan y??
    Adaa ga penginapan di Macau yg hrgany 500an ribu per malamny??

    1. Hai, Catherine!
      Kemarin saya tidak menginap di Macau, jadi kami hanya pergi pagi hari dan pulang malam hari.
      Ada kok penginapan dengan rate Rp.500.000, tapi itu penginapannya berupa hostel, bukan hotel ya.

  2. Hi Vika,

    Boleh sharing ga cuaca waktu trip ke HK gimana? Kira2 kalau kesana di akhir bulan mei katanya sering hujan sama ada ancaman typhoon ya?

    Thanks,

    1. Hi Winnie,
      Waktu gw jalan ke HK, cuacanya hampir di dominasi dengan cuaca panas, tapi ada 1 hari yang diisi dengan hujan.
      Memang typhoon biasanya dimulai sekitar bulan May-November, tapi jangan takut, kalaupun ada typhoon pemerintah HK akan memberi warning lewat televisi dan radion.
      Untuk informasi selanjutnya, Winnie bisa dilihat di http://www.hko.gov.hk/contente.htm

  3. halo vika

    boleh sharing budget untuk kesana sekitar berapa?
    ada rencana kesana akhir tahun, tapi masih minim info hehe
    thanks yaa πŸ™‚

    1. Hai Apriliana,
      budgeting ke HK sekitar 2,5 – 2,8 juta, itu dah include hotel ya. Kalau kamu jalan sekitar Desember mgkn akan lbh mahal budgeting hotelnya karena dah mulai peak season.

    1. Hi..
      Waktu saya masuk imigrasi HK baik dari Jkt ataupun macau, petugas imigrasi tdk mengajukan pertanyaan apapun.
      Apakah kamu tahu kira2 penyebab tmn nya dtolak di Imigrasi ?

  4. Halo vika.. mau tanya dong kamu pas ke HK nginep nya dmn yaa? Trs permalam brp? Pesen nya by apa yaa? Maaf yaa banyak nanyaa..
    Makasihh~ ~

Leave a Reply

