Perpanjang Paspor Online

Bolak-balik buka paspor, selalu tertuju dengan Expired Date Paspor yang semakin mendekat. Setelah mencoba menschedule jadwal gw yang padat (tsaaahh… πŸ˜€ ) akhirnya dengan sedikit paksaan, pada tanggal 10 September 2013 gw berhasil perpanjang paspor.

Buka-buka blog orang dan kasak-kasuk nanya ke teman, akhirnya gw memutuskan untuk perpanjang paspor dengan jalur online dengan pertimbangan lebih menghemat waktu. Jika kita perpanjang paspor dengan sistem manual, kita harus bolak-balik ke Imigrasi sebanyak 3 kali ( Penyerahan berkas – foto & wawancara – pengambilan paspor ), sedangkan jika melalui sistem online kita hanya perlu datang 2x ke Imigrasi ( Penyerahan berkas, foto & wawancara – pengambilan paspor ).

Dengan jalur online, kita harus mengikuti jalur yang ada lewatΒ http://www.imigrasi.go.id/index.php . Berikut tata cara yang harus diikuti :

  1. Buka website http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jspΒ untuk layanan Paspor Online
  2. Isi informasi data sesuai dengan KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran/Ijazah/Surat Nikah
  3. Upload/Unduh berkas-berkas yang diminta, minimal KTP, Kartu Keluarga dan Akte Lahir. Adapun syarat yang harus di upload yaitu dalam bentuk JPEG, berukuran 100-300 Kb dan berformat greyscale. Pada bagian upload-mengupload memang membutuhkan kesabaran ekstra tinggi, gw membutuhkan waktu hingga 2 hari untuk mengupload berkas-berkas karena ketika gw coba mengupload salah satu dokumen sering kali gagal. Ketika gw upload KTP juga berkali-kali gagal, di website tertulis kualitas gambar buruk sesudah gw berhasil upload.
  4. Masukan waktu dan tempat Imigrasi yang akan didatangi
  5. Setelah selesai, akan diberikan surat konfirmasi yang akan dikirim lewat email. Jangan lupa bawa surat ini ketika kita akan ke Imigrasi !!!

Sesuai dengan jadwal, gw datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan beralamat JL. Warung Buncit Raya No.207 RT/RW.001/001 Kel. Duren Tiga, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan, Telp.(021)-79170907, 79170910, Faks (021)-79170907, Jam operasional pemberian berkas atau pengambilan nomor antrian dimulai dari jam 08.00 – 11.00. Pelayanan paspor berada di lantai 2. Ketika gw datang jam 07.20, lantai 2 sudah ramai oleh orang-orang yang akan mengurus paspor. Tepat jam 07.25, gw mengambil nomor urut antrian untuk sistem online dan mendapat nomor antrian A41. Petugas security memberikan nomor antrian, sambil mengecek berkas asli yang gw bawa dan menyerahkan map berwarna kuning.

Sambil menunggu jam 08.00, ada petugas Imigrasi yang menjelaskan tata cara pembuatan paspor kepada khalayak ramai yang sudah duduk di ruang tunggu. Petugas imigrasi tersebut menginformasikan bahwa foto kopi KTP dalam format kertas A4 , kartu keluarga terbaru dan untuk mempercepat proses pemberkasan diharuskan melengkapi isian berkas formulir sebelum maju ke loket pemberkasan

Sekitar satu setengah jam kemudian, nomor urut gw pun dipanggil. Untuk loket pemberkasan online ada di loket 2 & 4. Berkas yang gw berikan ke petugas antara lain :

  1. Paspor lama
  2. KK asli dan fotokopi
  3. Akta kelahiran asli dan fotokopi
  4. KTP dan Fotokopi KTP dalam kertas A4
  5. Surat konfirmasi registrasi online

Setelah selesai di cek, gw menunggu antrian untuk pembayaran paspor. Memang untuk pembayaran, nomor urutnya tidak teratur karena ketika gw akan membayar, ternyata nomor urut gw sudah terlewat. Akhirnya gw lapor ke petugas loket dan disuruh menunggu kembali. Selang 10 menit, nomor gw dipanggil. Gw menyerahkan uang Rp. 225.000 untuk perpanjang paspor.

Dari loket pembayaran, gw menuju loket foto dan wawancara. Ketika gw akan duduk di ruang tunggu, ternyata nomor gw dipanggil. Gw segera masuk, dan tak lama kemudian dipanggil menuju petugas foto dan wawancara. Didalam ruang wawancara terdapat tulisan,

  • Tidak pakai kontak lens
  • kaos, baju dan jilbab warna putih
  • Tidak beranting untuk pria

dan tepat jam 10, gw sudah selesai proses perpanjang paspor.

Pengambilan paspor dilakukan 3 hari kemudian, untuk jam operasional pengambilan paspor yaitu Senin – Kamis 08.00 – 16.00, Jumat 08.00 – 16.30. Pada hari Jumat sekitar jam 16.15 gw baru sampai di Imigrasi. Gw masukan kuitansi ke dalam kotak dan tinggal tunggu nama kita di panggil petugas. Setelah dipanggil, gw diberikan paspor baru & paspor lama, kita diminta untuk memfotokopi paspor baru dan memberikan fotokopinya kepada petugas. Dan akhirnya, gw mempunyai paspor baru… πŸ˜‰

FYI, ada beberapa perubahan yang terjadi untuk pengurusan paspor, antara lain :

  • Saat ini pembayaran biaya pembuatan/perpanjang paspor dilakukan melalui Bank BNI
  • Proses yang diperlukan dalam pembuatan paspor manual (bukan dengan menggunakan sistem online) memakan waktu 5 hari kerja ( atau terhitung 1 minggu jika digabung dengan hari Sabtu Minggu). Jika hari Senin kamu memasukan berkas secara manual ke Imigrasi, maka 2 hari kemudian (yang jatuh di hari Rabu) kamu harus ke Imigrasi kembali untuk melakukan proses wawancara dan foto. Tiga hari (kerja) kemudian, yang jatuh di hari Senin, paspor sudah selesai dan bisa di ambil.
  • Di 2 kantor Imigrasi yang berbeda, mereka membatasi pendaftaran yang masuk hanya 100 berkas/hari. Namun gw tidak tahu, berapa jumlah pembagian kuota untuk pendaftaran manual dengan pendaftaran secara online.
  • Selamat mencoba!!! πŸ™‚
Advertisements

39 thoughts on “Perpanjang Paspor Online

  1. gan, dr ktp kualitas buruk gimana bisa sampe diterima? di format apa lagi tlg bagi triknya. senasib gan ktp udah 10 kali coba nggak bisa2 kalo yg lain sih lancar2 aja… tolong info ya gan thanks….

  2. Jngn trkecoh sm slogan “One day service” maksudnya One day service it, proses buatnya emng sehari, TAPI pengmbilan paspornya besoknya enggk hr it juga kalo besok nya hr libur brrti lusanya, yang bs d ambil hr itu jg cuma yg buat via biro jasa kl pemohon perorangan besok nya br bs d ambil, ane malah smpe 3 hr br bs d ambl krna kpotong libur tgl merah, jadi yg d utamain yg via biro jasa dl karna lumayan shared profit nya katanya kakak ipar ane bgtu, ane bs ngomong bgini krna udh 2x ngalamin prpanjng d jakbar trs kakak ipar ane jg pegawai d situ slh satu staff kanim, dia bnyk cerita k ane kondisi pegawai2 dsitu, tp di banding imigrasi lain yg blm ada One day servicenya bagus lah imigrasi jakbar ini, cm ya tetep biro jasa dan calo di tempat lbh di istimewakan ktimbng pemohon perorangan. So far..better lah 3 hr bs jd paspor nya drpd 10 hr kan kyk imigrasi lain..

  3. gan, untuk perpanjangan paspor itu yang lama kudu difotokopi gak? kalo iya apakah harus sebuku? atau cuma halaman2 mukanya ajah? thanks!

    1. Nanti ada beberapa pilihan kantor imigrasi yang mereka berikan karena setau saya tidak semua kantor imigrasi bisa melayani paspor online, Andre. Dari beberapa pilihan itu, kita bisa memilih kantor imigrasi mana yang akan kita datangi pada saat pembuatan paspor.

  4. mba nunmpang nanya
    nanti paspor lama nya diambil gk sama imigrasi ?
    jika paspor lama nya hilang, apakah bisa perpanjangan atau bikin baru ?
    terimakasih mba

    1. Hi…
      Jika kita tidak request kpd petugas imigrasi, biasanya akan di ambil oleh petugasnya. Kalau paspor lama ingin di ambil, jangan lupa request ke petugas imigrasinya.
      Jika paspor hilang, ada prosedur yang harus dilewati.
      1. Melampirkan surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian setempat bagi yang paspornya hilang;
      2. Melapor ke Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk memberikan keterangan tentang kerusakan atau kehilangan paspor yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP);
      3. Berkas yang bersangkutan diteruskan ke Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan keputusan;
      4. Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dapat berupa persetujuan atau penolakan atau penundaan;
      5. Apabila permohonan penggantian disetujui, persyaratan dan proses penyelesaian dapat dilaksanakan seperti permohonan paspor baru.
      Info detailnya bisa dilihat di http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan

  5. Numpang nanya gan. Kebetulan paspor saya udah mau habis tp bkn di tahun ini, masa berlaku paspor sy habis tahun dpn bln 2 n saya mau perpanjang, apa bisa saya perpanjang sedangkan saya tidak kerja. Tujuan saya perpanjang paspor utk nyari kerja keluar negeri gan. Atas jwbannya saya ucapkan terimah kasih bnyk gan….

  6. Hi,
    Berguna banget ini postnya – saya juga lagi cari2 info mau perpanjang passport online. Yang mau ditanyakan, pas perpanjang ini passportnya sudah habis masa berlaku atau kurang dari 6 bulan? Kalau masih kurang dr 6 bulan, pilihan yang diambil yang mana ya, “Penggantian – Habis Berlaku” bukan?

    Karena passport saya blm habis masa berlakunya, tapi next travel sudah kurang dari 6 bulan, dan sudah 3 minggu lagi – kira2 keburu nda ya?

    1. Hai Desy,
      Pilihannya bisa menggunakan option Penggantian-Habis Berlaku.
      kalau menggunakan jalur normal masih bisa ko untuk mengurus paspor. Minimal 1 minggu waktu yang diperlukan.

      1. Thanks for the prompt reply!
        Saya lagi coba2 upload documents ini kok ya susah banget, udah sesuai dengan size yang diminta berikut file type-nya tapi ditolak terus dengan alasan tidak sesuai aturan. Any tips on this?

  7. Wah.. Saya berangkat Rabu 05 Maret 2014 ke Singapore, sore pkl 17.00 WIB.
    Passport saya expired date 10 Juli 2014.

    Saya uda perpanjang via online, dan besok Kamis 27 Feb 2014 baru datang ke kanim Jakbar jam 8 pagi..

    Semoga bisa selesai ya.. Proses pembayaran uda melalui BNI tadi pagi.
    Tinggal wawancara, dan foto aja kan ya?
    Kalau 3 hari kerja dari besok Kamis, berarti Jumat Senin Selasa, Selasa uda bisa ambil ya? Atau Rabu paginya bisa ambil ya?

    1. Hi Rendy,
      Kalau sesuai dgn perhitungan 3 hari kerja, seharusnya hari selasa sdh bs di ambil. Nnt coba di kroscek sj tanggalnya ketika mendapatkan lembaran bukti pengambilan paspor.
      Semoga lancar ya!

      1. Iya, beres today.. Sesuai 3 hari, selasa 4 Maret bisa ambil jam 2. Semoga aja selesai ya..

        Prosedur hari ini: datang sebelum jam 8 pagi dan dapat nomor antrian 17 lalu isi formulir pake tinta hitam.

        Jam 8 – 11, 3 jam menunggu sampe dipanggil nomor antrian 17.

        wawancara, foto, sidik jari, beres.. Dikasih kertas pernyataan 3 hari selesai, hari selasa bsk uda bs diambil..

  8. Hey thanks for sharing! Tanya dong, domisili gw kan di Bekasi dan kebetulan kerja di Semarang, nah berkas yang gw bawa di hari H itu apa harus yang asli jg? Gw udah daftar online dan udah ada appointmentnya juga. Thank you

    1. Hai Angie,
      coba dibuka dulu hasil scanning ktpnya di Corel, trs langsung diresize dengan cara menarik sudut-sudut di foto. setelah itu di exspor untuk menjadi format Jpg.
      harus ekstra sabar ya, Angie. karena gw berulang kali mencobanya, upload-corel-upload-corel, hingga berhasil gw upload.
      Selamat mencoba ya!

      1. kak makasi ! aku minta dieditin temen ku pake photoshop dan akhirnya bisa di aplot πŸ™‚ aku masih kuliah nih, perlu pengantar dr kampus gak sih ? semoga engga ya .. soalnya aku lg liburan , dan aku janji ke imigrasinya hari senin pagi , btw paspor lama gak perlu di foto copy kan ? cukup di bawa aja ? ktp nya harus depan belakang ga fotocopynya ? thanks anyway . this posting really helpful!!!!

      2. Hai Angie,
        Tdk perlu bawa pengantar dari kampus, rasanya akta lahir atau ijazah sudah cukup. Kl was2, mgkn kamu bs bawa kartu mahasiswa.
        Paspor lama tdk perlu d fotokopi, cukup dbawa ktk pberkasan paspor.
        Sedangkan utk KTP bs d fotokopi bagian depan saja.
        Senang bs membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s