[Australia] Day 13 – Jekardah, aku pulang!

May 12, 2013

Hari ini gw akan kembali ke Jakarta. *lesu* Berhubung biaya travelling harus bisa ditekan semaksimal mungkin, maka untuk perjalanan pulang gw akan terbang dengan Air Asia yang mempunyai rute Melbourne – Kuala Lumpur – Jakarta.
Pagi jam 6, Max sudah menyetir ke arah bandara dan sepanjang perjalanan, gw, Eden dan Viba sibuk membicarakan sunrise yang terlihat sangat menakjubkan.

Setiba di Melbourne International Airport, gw segera check in. Agak deg-degan ketika melihat bagasi yang tampak menggembung itu ditimbang. Dan ternyata nyaris mendekati limit bagasi yang gw beli. Semalam gw sempat menambahkan bagasi melalui pembelian online menjadi 25 kg, dan ketika ditimbang ternyata angka menunjukan 23 kg. Tas kabin dan ransel yang gw bawa pun tak luput ditimbang pula. Setelah check in, gw mengisi departure card yang tersedia di sekitar counter check in. Berhubung gw agak terburu-buru, alhasil gw gak sempat memfoto departure card tersebut.

Selesai mengisi kartu, gw berpamitan & bercupika-cupiki dengan Eden, Viba dan Max. Terima kasih banyak atas kebaikan dan hospitality Eden dan Max selama gw di Melbourne! *big hug*

Masuk ke dalam pemeriksaan custom, antrian lumayan panjang, namun antrian cukup berjalan cepat. Eden sudah mewanti-wanti kalau biasanya suka ada random check, terutama untuk wajah Asia. 😦
Gw pasang muka Pe-De, tanpa menunjukan kekhawatiran dan ternyata hasilnya, gw lolos dari random check. FYI, persis di depan gw ada seorang wanita berwajah Asia yang terkena random check dan harus mengeluarkan semua barang-barang yang ada di dalam tas wanitanya.

Gw sempat mampir di duty free yang ada di bandara. Tapi tidak ada barang yang menarik hati. Akhirnya gw segera mencari gate 10 dan duduk manis menunggu waktu boarding time. Sesuai dengan schedule, pesawat boarding jam 09.35 dan gw masuk ke dalam pesawat. Selama 7 jam perjalanan gw isi dengan tidur, makan, kutak-katik hasil foto yang ada di kamera, baca dan akhirnya jatuh tertidur lagi.. πŸ˜€

The card
The cards
Melbourne international airport
Melbourne International Airport

Sampai di KL-LCT, gw lapor kembali ke petugas Air Asia, pemeriksaan bagasi & masuk ke dalam ruang tunggu bandara. Selama di bandara, gw mengisi waktu dengan berkeliling di dalam bandara, mencari membeli cokelat untuk Nyonya Raisa di duty free shop dan berakhir dengan makan berat sore khas malaysia.

My late lunch ; 16,8 RM

Jam 18.55 pesawat menuju Jakarta pun boarding. Pesawat sore itu tampak penuh terisi penumpang. Pembicaraan di dalam pesawat mulai di dominasi oleh bahasa Indonesia, senang rasanya kembali ke tanah air. :p

Pemandangan setelah take off dari Kl-LCT

Setelah pesawat landing di depan terminal 3 Soekarno Hatta International Airport, gw turun dari pesawat, naik bis untuk menuju terminal 3 dan antri di imigrasi. Antrian di imigrasi kali ini lumayan cepat, padahal biasanya pemeriksaan imigrasi di Jakarta itu terbilang cukup lambat. Selesai paspor di cap oleh petugas imigrasi, gw segera mengambil bagasi, berjalan menuju pemeriksaan custom dan akhirnya keluar dari terminal 3 menuju tempat antrian taksi. Didalam taksi, gw duduk menikmati pemandangan Jakarta di malam hari. Welcome home,bebih!