[Australia] Day 11 – Featherdale Wildlife Park, Paddy’s Market & Darling Harbour

May 10, 2013

Today targets : Featherdale Wildlife Park – Paddy’s Market – Lunch Indonesian Foods – Darling Harbour

Featherdale Wildlife Park merupakan kebun binatang versi mini ( menurut gw sih versi private ) dimana beberapa hewan-hewan disini akan dibiarkan lepas secara bebas, seperti kangguru dan koala. Walaupun menempati lahan yang tidak terlalu luas, tapi kebun binatang ini memang terbilang mempunyai konsep unik. Di Kangguru area, kami bisa membeli satu cup berisi rumput dan langsung memberikannya kepada kangguru.  Overall, jika ingin melihat hewan-hewan ciri khas Australia yang dibiarkan bebas lepas, Featherdale Wildlife Park merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk menuju Featherdale Wildlife Park kami akan naik kereta dengan menggunakan Blue Mountain Line dan berhenti di Blacktown Station. Harga single ticket untuk menuju Blacktown Station senilai 5 Aud, untuk return ticket 10 Aud. Perhatikan baik-baik apakah kereta dengan Blue Mountain Line akan berhenti di Blacktown Station ya..
Setiba di Blacktown Station, kami akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis nomor 725. Kami menuju (seperti) terminal bis yang berada bersebelahan dengan Blacktown Station dan bis nomor 725 berada di platform 9.

Blacktown Station
Platform 9

Tak lama berselang, bis yang dinanti-nanti pun tiba. Perjalanan ke Featherdale Wildlife Park hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Setelah sampai di bis stop Featherdale Wildlife Park, posisi Featherdale Wildlife Park berada di seberang jalan. Harga tiket masuk dewasa Featherdale Wildlife Park yaitu 28 Aud, sedangkan untuk anak-anak (3-15 tahun) sebesar 15,5 Aud. Kami menukarkan discount voucher sebesar 20% yang ada di What’s on in Sydney, so kami hanya perlu membayar 22,4 Aud. Lumayan banget deh hemat 6 Aud! Untuk informasi lebih lanjut bisa klik di http://www.featherdale.com.au/

What's on in Sydney ; discount voucher
What’s on in Sydney ; discount voucher

Memasuki Featherdale Wildlife Park, kami langsung disambut oleh kangguru yang sedang asyik makan. Di Featherdale Wildlife Park ini merupakan hal yang wajar ketika tiba-tiba ada hewan yang berlari atau melompat melewati kita karena ketika gw sedang asyik bereksplor, tiba-tiba gw dikagetkan dengan lompatan kangguru yang melesat sangat cepat melewati gw. Cukup mengagetkan tapi ini justru sensasinya yang hanya ditemukan di Featherdale Wildlife Park..

Setelah itu, kami berjalan menuju koala area. Disini banyak koala yang sedang asyik tidur, tapi terdapat satu koala yang sengaja dipajang di tengah area sebagai model pose bersama koala. Kami mendekati salah satu koala yang sedang menjadi model, namun karena sedang ada pergantian koala, kami menunggu dengan sabar proses pertukaran shift koala. Selesai pertukaran shift, kami mendekati sang model untuk mengambil foto session bersama koala.

Memasuki lebih dalam lagi, kita bisa menemukan area Featherdale Farmyard, reptilion pavilion dan area burung-burung. Antara masing-masing area akan dipisahkan oleh gerbang kayu sehingga hewan-hewan yang bebas berkeliaran di masing-masing area tidak bercampur dengan area lain. Kami singgah lebih lama di area kangguru dan area burung-burung. Ada beberapa jenis burung yang tidak ada di Indonesia, sedangkan untuk area reptil kurang lebih sama dengan reptil yang ada di Indonesia. FYI, Featherdale Wildlife Park mempunyai pertunjukan feeding times, momen yang tidak boleh dilewatkan kalau kamu membawa anak kecil ke Featherdale Wildlife Park.
Tak terasa sudah dua jam kami mengelilingi Featherdale Wildlife Park, dengan terpaksa kami harus mengakhiri perjalanan di Featherdale Wildlife Park dan meneruskan perjalanan selanjutnya di sekitar kota Sydney.

Featherdale Wildlife Park
Koala unyu-unyu
the famous model
The sleepong koala
The sleeping koala

Feeding the kangaroos
Me withe the kangaroos
Me with the kangaroos

Dengan menggunakan bus yang sama, kami kembali menuju Blacktown Station. Kami kembali ke Sydney dengan menggunakan kereta yang mempunyai jalur lebih banyak stasiun pemberhentian alhasil perjalanan menuju Sydney lebih memakan waktu lebih panjang ketimbang perjalanan menuju Blacktown Station.

Sesampai di Central Station, dengan mengandalkan peta kami berjalan kaki menuju Paddy’s Market yang memakan waktu kurang lebih 10 menit. Letak Paddy’s market tidak jauh berada dari Central Station, jika kita keluar dari jalan utama Central Station, posisi Paddy’s Mareket berada di sebelah kiri. Paddy’s Market merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilupakan untuk membeli oleh-oleh. Paddy’s Market ini tutup setiap hari Senin dan Selasa, dengan jam operasional dari 09.00 – 17.00. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di http://www.paddysmarkets.com.au/index.html
Note : Ada beberapa barang yang dijual di Paddy’s market dengan harga lebih murah dibandingkan di Queen Victoria Market, Melbourne. Tapi barang yang dijual di Paddy’s Market terlihat lebih beraneka ragam, pastikan kamu sempat berkeliling membandingkan harga dan jenis barang yang akan dibeli.

Paddy's Market #1
magnet seharga 5 Aud untuk 3 buah
The price : 2 Aud for 2 mini glass
Gelas kecil 2 Aud untuk 2 buah

Setelah sibuk berbelanja, kami pun segera mencari restoran Indonesia yang tidak berada jauh dari Paddy’s Market. Walaupun agak-agak nyasar, tapi niat setekat baja dikarenakan sudah hampir 3 hari kami tidak makan nasi dan we’re craving for Indonesia foods, gw kekeh sumekeh mencari restoran ini. Dan ketika terlihat tulisan Cafe Joy & Take away, authentic Indonesian, terbayar sudah jerih payah pencarian makan. Berhubung Cafe Joy & Take away ini  mempunyai halal certificate, restoran ini tidak hanya dikunjungi oleh orang Indonesia saja, tapi ada beberapa orang Timur Tengah yang sedang menikmati makanan Indonesia. Cafe Joy & Take away ini berlokasi di QG 17-18, 8 Quay Street, Haymarket, NSW 2000. Jika agak bingung, posisi restoran ini terletak di antara University of Technology Sydney dan Paddy’s Market. Selamat mencari !

Cafe Joy & take Away
Our lunch ; Sop Buntut 11 Aud & Ayam Kari 9,5 Aud

Selesai merecharge perut, kami bertanya kepada petugas restoran bagaimana cara menuju Darling Harbour. Dan ternyata untuk menuju Darling Harbour kami hanya tinggal berjalan kaki. Dengan bermodal peta dan petunjuk arah yang tersedia, kami berjalan menyusuri Paddy’s Market, Chinatown, Dixon Street, melewati gedung-gedung tua berciri khas kolonial Inggris, Tumbalong Park dan berakhir di Darling Harbour. Jika kamu mempunyai waktu yang luang, cobalah eksplor Chinese Garden, Tumbalong Park, Convention Center, Harbourside dan National Maritime Museum yang berada disekitar Darling Harbour. Berhubung kami tidak mempunyai waktu banyak, kami hanya berjalan santai menikmati keramaian dan lalu lalang orang-orang di Darling Harbour.

Usai menikmati sunset matahari terbenam di Darling Harbour, kami kembali ke Circular Quay dengan menggunakan ferry dari Pyrmont Bay Wharf. Ketika nuansa cahaya matahari terbenam berganti dengan kemegahan lampu pencakar langit, kehidupan malam hari di Sydney mulai menunjukan geliatnya. Semilir angin yang berhembus di atas ferry, pemandangan lampu yang berkerlap-kerlip serta meriahnya lampu Luna Park dari kejauhan menutup perjalanan hari itu dengan sempurna.