May 8, 2013

Pagi ini kami bangun sangaaaaatttttt pagi *kucek-kucek mata*
Kami akan menuju Sydney dengan menggunakan Jet Star yang menurut jadwal akan take off jam 07.30. Jam 5 pagi kami sudah duduk di halte bis menunggu bis nomor 702 dan jam 6 kami sudah tiba di Gold Coast International Airport. Bandara sudah cukup ramai dipadati calon penumpang, banyak orang lalu lalang membawa kopi ‘take a way’ yang merupakan ciri khas aktivitas pagi negara maju.

Gold coast airport

Setiba di Sydney Domestic Airport, setelah mengambil bagasi, kami menuju Sydney’s Airport Train. Kami membeli tiket airport train untuk menuju Central Station seharga 15,9 Aud. Cukup mahal mengingat perjalanan menuju ke Central Station hanya memakan waktu 10 menit… *membayangkan commuter line versi Jabodetabek*

Sydney Domestic Airport
Central Station
Schedule of Airport Train
Schedule of Sydney’s Airport Train
The ticket of Airport Train
My Multi Zone 3

Selama di Sydney kami akan menginap di Bounce Sydney. Untuk informasi detail Bounce Sydney akan gw tulis disini. Setiba di Central Station, kami mencari pintu exit via the Devonshire Street/Surry Hills untuk menuju Bounce Sydney. Agak ribet ketika harus mencari pintu keluar di Central Station karena banyak pintu keluar di Central Station.

Sebelum kami keluar dari Central Station, kami melihat loket yang menjual tiket My Multi dan kami mampir untuk membeli tiket My Multi. Kartu yang kita beli adalah My Multi 3 seharga 61 Aud dan berlaku untuk seminggu. Mengapa kita memilih My Multi3 karena kita berencana untuk menuju Blue Mountain dan berencana akan menggunakan ferry untuk berkeliling sekitar Sydney Opera House (intinya sih gak mau ribet juga), sedangkan kartu ini merupakan unlimited ticket untuk moda transportasi ferry, bis dan kereta selama di Sydney. Tiket ini sendiri terbuat dari kertas tebal, tidak terbuat dari bahan plastik sehingga gw harus hati-hati jangan sampai terkena air. Untuk penggunaan kartu My Multi, kita hanya memasukan tiket ini ke dalam tempat tiket (untuk bus bentuknya seperti box dan berada didekat sopir), tunggu sebentar dan tak lama kemudian tiket akan keluar kembali. Setelah di kalkulasi total cost perjalanan kita selama di Sydney ( perjalanan kereta Pergi Pulang ke Blue Mountain & Featherdale Wildlife Park, perjalanan Ferry Pergi Pulang Circular Quay-Manly & Darling Harbour-Circular Quay serta bis menuju tempat yang kita tuju) menghabiskan biaya sebesar 60.2 Aud. Jadi beli tiket ini terbilang menguntungkan, terutama jika akan menggunakan public transportation selama seminggu di Sydney.

Setiba di Bounce Sydney, kami belum bisa segera check in, namun setelah lapor kami bisa menitipkan barang di Luggage Store dan kami diberikan akses untuk menuju common room di lantai 4. Kami duduk leyeh-leyeh di salah satu sofa yang tersedia di Common Room dan berdiskusi untuk menentukan destinasi selanjutnya.

Bounce Hotel
Free & Tour Map from Bounce Hotel

Setelah fresh kembali, kami memutuskan untuk memulai perjalanan di Sydney untuk menuju destinasi pertama yaitu Circular Quay. Setelah mengambil Free Tour & Map dari hotel, kami berjalan menuju Central Station.  Dari depan Central Station kami akan menggunakan bus no 555 yang merupakan free city shuttle dari Central Station menuju Circular Quay.

Free City Shuttle
This bus runs in a loop around the city from Central to Circular Quay. It travels in both directions. clockwise & anti-clockwise, every 10-15 minutes.
Operational hour Monday – Friday 09.30 am – 03.30 pm (Thursday till 9 pm), Saturday & Sunday 09.30 am – 06.00 pm.

Central Station
Circular Quay
Manly port

The ferry crew
The women crew

Ketika sampai di Circular Quay, sempat ragu untuk meneruskan perjalanan ke Sydney Opera House. Matahari saat itu masih bersinar (sangat) kuat, kalau untuk mengambil foto di Sydney Opera House hasilnya pasti akan kacau beliau. Kami memutuskan untuk berferry-ria menuju Manly. Manly merupakan sebuah kota dipinggiran Sydney dan untuk menuju Manly membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Dari Circular Quay, kami menuju port nomer 3, sekitar 10 menit kami menunggu kedatangan ferry dan tak lama kemudian kami antri untuk masuk ke dalam ferry. Ferry menuju Manly masuk ke dalam Myferry Zone 2, untuk harga single ticket seharga 7.2 Aud, untuk return ticket 14.4 Aud. Berikut contekan jadwal ferry menuju Manly :

A comprehensive seaside resort just 15 minutes from Sydney’s CBD, Manly sits on a beautiful peninsula surrounded on three sides by sparkling Pacific Ocean and spectacular Sydney Harbour. For your added pleasure, the attraction of 18 pristine beaches including one of Australia’s most famous and most beautiful, hidden coves and inlets, breathtaking National Parks, Aboriginal sites and historic landmarks.

So named after the confidence and ‘manly behaviour’ displayed by a group of local Aborigines spied in Manly Cove by Australia’s first Governor, Captain Arthur Phillip in 1788,  Manly has been attracting locals and visitors to its breathtaking shores for hundreds of years.

Celebrated as Australia’s first resort destination, see indigenous rock art and engravings along North Head or more modern historical landmarks like Manly’s Quarantine Station first used in the 1830’s. Walk the path of Olympians for 100 years of Manly champions or stroll the famous Corso built in 1855 as a link between Sydney Harbour and the Pacific Ocean.

www.manlyaustralia.com.au

Manly merupakan kota kecil yang tidak jauh dari Sydney. Untuk berkeliling di kota ini tidak membutuhkan banyak waktu, kalau kamu ingin berjalan santai dan tanpa destinasi yang jelas, Manly bisa menjadi salah satu option yang oke. Setiba di Manly, kami menyempatkan makan siang yang tidak jauh dari pintu keluar Manly Wharf. Siang ini kami berniat untuk makan siang fish n chips. Melihat ikannya yang segar-segar dan mengabaikan harganya yang makjleb, tak terasa perut mulai berbunyi dan kelenjar air liur mulai meningkat. Untuk segi rasa, karena fish n chips ini disajikan ketika masih panas dan ikannya masih tampak segar ketika di olah, hasilnya terasa enak di lidah, tidak bau amis dan daging terasa lembut ketika di kunyah.

At Manly Wharf
The menu
My fresh fish n chips ; 14,5 Aud

Usai makan siang kami lanjut mengelilingi kota ini. Berawal dari Manly wharf, kami berjalan disepanjang trotoar pertokoan, menuju The Torso dan berakhir di pinggir pantai. Siang itu cuaca memang cerah, pantai diisi dengan orang yang asyik berjemur, para peselancar amatir dan profesional yang sibuk mengejar ombak dan para penganut waham santai yang hanya duduk-duduk menikmati pemandangan deburan ombak dan semilir sejuknya angin laut. Gw sendiri asyik mengamati seorang Ayah muda yang sedang menjaga anaknya yang baru belajar berjalan.. 😀

Map of Manly
Manly Beach #3
Nice Daddy
Nice, Sweet & Gorgeous Daddy 😉

Tak terasa sudah 2 jam kami berkeliling di Manly, melirik jadwal ferry terdekat, kami bergegas menuju pelabuhan untuk kembali ke Sydney. Dari atas ferry gw dan Viba duduk berpencar, gw sendiri duduk di dek samping sambil menikmati semilir dinginnya angin laut Osi, sedangkan Viba menuju dek belakang. Dari tempat duduk gw melihat yacht yang berputar-putar disekitar Opera Sydney House dan Sydney Harbour Bridge serta birunya langit Osi.

IMG_1032 IMG_1045

Setelah turun dari ferry, kami menuju Sydney Opera House. Viba yang saat itu kakinya sakit mulai tertatih-tatih berjalan menuju Sydney Opera House. Sydney Opera House merupakan salah satu ikon terkenal di Australia, kalau tidak foto didepan gedung ini rasanya tidak afdol. Beraneka ragam aktivitas yang terlihat didepan gedung ini, ada yang hanya sekedar  menikmati pemandangan gedung megah ini, ada yang sibuk mengabadikan diri dengan berfoto, ada sekumpulan anak sekolah yang sedang study tour ataupun sekedar hang out di cafe yang berada di samping Sydney Opera House.

Sydney Opera House
Direction

AUS_5602

Me with Viba

Karena kaki Viba tidak bisa diajak jalan jauh, maka akhirnya gw memutuskan untuk jalan sendiri menuju The Royal Botanic Garden dan Viba tetap menunggu di sekitar Sydney Opera House.  Berhubung taman ini lumayan terbilang cukup luas, sebelum gw kelelahan berjalan di taman, ketika di Bounce Sydney gw sempat bertanya rute terbaik taman ini kepada salah satu resepsionisnya dan jika ingin mendapatkan spot terbaik untuk foto Opera Sydney House dan Sydney Harbour Bridge maka lokasi spot ini berada disalah satu ujung The Royal Botanic Garden, yaitu berada di Mrs Macquaries Point dan berdekatan dengan Mrs Macquaries Chair.

Awal perjalanan di The Royal Botanic Garden, gw langsung menuju Government House yang menurut gw bangunan ini lebih tepatnya seperti istana-istana di negara Eropa. Istana ini sendiri terbilang cukup luas, namun saat gw berkunjung, istana sedang tutup dan tidak banyak orang yang berkunjung ke Government House ini. Gw hanya berfoto-foto sebentar dan gw melanjutkan perjalanan menuju Mrs Macquaries Point. Saat itu udara sangat bersahabat, berjalan di sekitar taman ini memang mempunyai sensasi yang damai dan tenang.

Sampai di Mrs Macquaries Point, posisi matahari tepat berada di depan kamera (read : sunset), hasil foto edisi ‘back light’ pun tak terelakan. Berusaha (dengan cara bolak-balik, muter-muter) mencari spot yang tidak terkena matahari pun tidak membuahkan hasil. Lelah bolak-balik di area ini dan mengingat taman ini akan segera tutup dalam waktu setengah jam lagi, gw memutuskan untuk mengambil foto seadanya dan keluar dari taman sesegera mungkin alias jalan cepat.
Note : Saran gw jika ingin mendapatkan hasil foto terbaik di Mrs Macquaries Point, maka kita harus berada di point ini pada pagi hari.

Map of The Royal Botanic Garden
The Royal Botanic Garden #2
The best spot to take pict of Sydney Opera House & Sydney's Harbour Bridge
The best spot to take a pict of Sydney Opera House & Sydney Harbour Bridge

Setelah kembali ke Sydney Opera House, gw tidak bisa menemukan Viba, akhirnya gw berjalan mendekat ke Sydney Opera House. Gedung ini sangat ramai dikunjungi, sambil mencari tempat yang tidak ramai pengunjung, gw berjalan menuju ke arah samping dari gedung ini. Bagian samping ini merupakan pintu masuk untuk menuju Sydney Opera House. Gw mengagumi bentuk bangunannya yang menyerupai seperti keong. Ini adalah salah satu moment yang menyenangkan ketika gw travelling, menikmati pemandangan yang ada di depan gw dan men-capture-nya didalam ingatan.

Ketika matahari mulai tenggelam, gw kembali menuju meeting point untuk bertemu Viba dan ternyata Viba pun sedang asyik mendengar music dengan headset-nya. Viba sempat berbicara kalau ini adalah salah satu moment terbaiknya, ketika dia hanya duduk, tanpa melakukan apapun dan menikmati pemandangan Sydney Opera House. Yeaaaah, menurut gw salah satu moment terbaik dari travelling adalah ketika gw tidak melakukan aktivitas apapun dan hanya menikmati pemandangan yang ada di depan mata. Kalau versi Trinity, ‘The art of doing nothing!’

Berhubung gw tidak mau mengeluarkan uang untuk kongkow-kongkow minum kopi di sekitar Sydney Opera House, alhasil selama satu jam kami duduk santai menikmati pemandangan malam hari di Sydney Opera House. Pemandangan semakin malam semakin menakjubkan karena dipenuhi dengan gemerlap lampu dari gedung-gedung pencakar langit, cahaya lampu ferry yang melintas menuju dan keluar dari Circular Quay serta suasana malam yang semakin ramai oleh gelak tawa pengunjung. The magic night of Sydney Opera House!

Sydney Heritage Walk
Sydney Opera House #1
Sydney Opera House #2
Sydney Opera House #3
Sydney's Bridge Harbour
Sydney Bridge Harbour

4 thoughts on “[Australia] Day 9 – Sydney ; Circular Quay, Manly, Sydney Opera House & The Royal Botanic Garden