[Australia] Day 7 – Gold Coast ; Sea World

Setelah vakum berminggu-minggu berjibaku dengan urusan perkerjaan yang serba cito, dinas luar kota dan diikuti dengan masuknya bulan Ramadhan ternyata mengumpulkan mood untuk menulis kembali itu ‘sesuatu banget’ ya. Edisi menulis kali ini pun terpotong-potong beberapa kali dan melalui proses editan revisi berulang kali. He…
So, ini lanjutan cerita Trip Osi…

*****

6 May 2013

Hari ini kita akan menuju Gold Coast dengan menggunakan pesawat Tiger Airways yang akan take off jam 8 pagi. Dengan banyaknya informasi ‘simpang-siur’ tentang keberangkatan Tiger airways yang suka meninggalkan penumpang ataupun memang suka delayed, jam 5 subuh kita sudah duduk manis (dan bermuka panda) di taksi menuju bandara. Kami tiba di Terminal 4 Domestik Melbourne Tullamarine Airport yang serba minimalis setengah jam kemudian, bergegas check in dan memasukan koper untuk masuk ke dalam bagasi. Yang sempat membuat kami (lebih tepatnya gw sih) terperangah, s.e.m.u.a barang baik koper bagasi, koper cabin dan tas ransel kami berdua ikut di timbang ketika kami check in, hanya berat badan kami yang lupa mereka timbang πŸ˜€ . Baru sekali ini gw check in pesawat tapi harus menyertakan barang cabin untuk ikut ditimbang, sepertinya masalah berat barang cukup ketat juga di Osi. Dag-dig-dug melihat angka yang tertera di timbangan mengingat ada kamera yang cukup berat berada didalam ransel dan akhirnya barang cabin kami pun lolos seleksi… *Pfiuh…; lap keringat*

Selesai pemeriksaan custom, kami berjalan lebih masuk ke dalam bandara dan ternyata bandara ini sangat-sangat-sangat-sangat minimalis, hanya ada 1 cafe, beberapa minimarket, beberapa drink machine dan hanya mempunyai 3 gate. Kita merapat duduk dekat dengan pintu gate 3, foto-foto narsis sebentar dengan Viba dan tak lama kemudian pintu gate 3 dibuka.

Terminal 4 Domestik Melbourne Tullamarine Airport

Perjalanan menuju Gold Coast memakan waktu 2 jam, walaupun hari itu udara diluar sangat cerah, gw hanya bisa jatuh tertidur pulas. Setiba di Gold Coast Airport, kami segera mengambil bagasi, mencari tempat Visitor Information dan membeli Translink Go Card di Gold Coast Tourist Shuttle. Translink Go Card ini seperti tiket multitrip Commuter Line kita (yang sedang booming bagi pengguna setia transportasi kereta Jabodetabek), caranya ketika kita masuk bis kita harus tap-in dan ketika kita keluar dari bis kita harus tap-out kartu. Kalau ingin membeli tiket langsung di dalam bis pun bisa langsung dibeli ke pak supir bis, namun harga yang akan di charge untuk single ticket akan lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket dengan menggunakan Translink Go Card.

Saat itu kita membeli Translink Go Card senilai 20 Aud dengan rincian harga deposit Go Card untuk dewasa senilai 10 Aud dan saldo senilai 10 Aud. Untuk menuju downtown, kami akan naik bis 702 yang haltenya berada persis didepan pintu keluar Gold Coast Tourist Shuttle.

IMG_9346 IMG_9347

The counter that you can buy Translink Go Card

Tempat pemberhentian bis 702
Disebrang mobil van parkir merupakan tempat pemberhentian bis 702

Perjalanan menuju downtown dengan menggunakan bis cukup membuat kita celingak-celinguk selama setengah jam, agak bingung mencari patokan halte bis mana kita akan berhenti. Berdasarkan contekan yang ada kita harus turun di halte Surfer Paradise. Setelah sempat melihat kincir raksasa dan dibelakangnya terlihat Islander Resort Hotel, kami pun segera menekan bel untuk berhenti. Dibawah sinar matahari yang terik, berjalan sambilΒ  menggeret koper dan beberapa blok jalan ditutup karena adanya perbaikan jalan, cukup menguras energi mencari jalan masuk menuju hotel.

Singkat cerita, kami akan menginap di Islander Resort Hotel untuk 2 malam. Waktu kami sedang mencari tempat penginapan kami sempat tertarik dengan Islander Backpacker Resort, namun ternyata penginapan di Islander Backpacker Resort sudah full booked. Kutak-katik, obrak-abrik website segala hostel & hotel, Agoda dan Expedia (thanks to Viba yang rajin ngebandingin harga), akhirnya pilihan jatuh ke Islander Resort Hotel (Note: ternyata Islander Resort Hotel danΒ Islander Backpacker Resort berdiri persis bersebelahan).

Islander Resort Hotel merupakan hotel bintang 3 yang letaknya masih dalam area Surfer Paradise Boulevard dan dekat Hard Rock Cafe. Berhubung Surfer Paradise ini area yang sangat kecil, untuk jalan-jalan, mencari keramaian, mencari restoran/tempat makan, cafe dan toko-toko tidak perlu berjalan jauh dari hotel, hanya 5 menit berjalan ala kura-kura kita sudah sampai di tempat keramaian. Oiya, ternyata kamar yang kami inapi mempunyai 2Β  tempat tidur yaitu satu single bed dengan ukuran small dan satu single bed dengan ukuran king, bisa jadi referensi penginapan untuk 3 orang.

Kincir raksasa ; patokan untuk berhenti :D
Kincir raksasa ; patokan untuk berhenti πŸ˜€
Islander Resort Hotel
Single bed with Small dan King size
The Bathroom
Ini kunci untuk bisa menyalakan AC
View from hotel
Surfer Paradise City Map
Surfers Paradise City Map

Setelah beristirahat setengah jam, kami pun memantapkan diri untuk bergerak menuju Sea World.
Beberapa minggu sebelumnya kami sudah membeli tiket Super Pass Sale dengan harga spesial dan fantastis. Harga tiket normal masuk ke Sea World 84.99 Aud dan Movie World 84.99 Aud, sedangkan dengan penawaran Super Pass Sale kami bisa masuk ke 3 theme park yaitu Sea World,Β  Movie World dan Wet ‘n Wild Gold Coast hanya dengan harga 89.99 Aud!!! How lucky we are!!!
Mau tahu bagaimana caranya mendapatkan tiket dengan harga spesial dan fantastis??? Ikutlah news letter mereka dengan cara masukan alamat email kalian dan klik subscribe yaw.. πŸ˜‰ Tinggal tunggu kabar tiket promo mereka..

Awalnya kami tidak tertarik untuk ke Sea World, tapi berhubung sudah include ke tiket Super Pass kami pun memasukan ke dalam itinerary. Jam operasional Sea World 10.00 – 17.00. Untuk informasi tiket diskon, show time dan map bisa dilihat di http://seaworld.com.au/

Bus no 750 to Sea World
Ticket Super Pass
The show time
The showtime
The Map of Sea World
Gate of Sea World
sea world
Welcome to Sea World

Dari bus stop Surfer Paradise, kami naik bis 750 dan lokasi Sea World berada di pemberhentian di bus stop paling akhir. Setiba di Sea World, kami menyusun jadwal tour atraksi di Sea World. Atraksi pertama yang kami tonton adalah Jet Stunt Extreme. Atraksi ini berisi performances para pe-world best jetski yang jungkir balik, salto (dengan menggunakan jet ski pastinya) dan duel jet ski. Atraksi yang cukup menarik perhatian, mengingat gw belum pernah melihat atraksi seperti ini selama hidup gw. Hehehe… Oya, mengingat tidak banyak atraksi yang disuguhkan di Sea World, Jet Stunt Extreme merupakan atraksi yang wajib di tonton ya!

Jungkir balik
Jet Stunt Extreme Attraction
Duel #1
Duel #2
Berasa nonton film Batman #ehhh
Berasa nonton film Batman #ehhh πŸ˜‰

Selesai dari Jet Stunt Extreme, kami menuju Penguin Encounter. Disini disuguhkan pemandangan penguin berbadan besar ( berbeda jenis dengan penguin yang gw lihat di Penguin Parade) yang asyik berenang. Tidak berlama-lama di area ini, kami pun menuju Fish Detectives Sea Lion Show. Sesuai dengan judulnya, yang pasti ini atraksi singa laut dunk πŸ˜€
Jalan ceritanya terdapat seekor singa laut menjadi detektif yang disibukan dengan misteri hilangnya berton-ton ikan di kota bernama Baloney. Jalan ceritanya mengalur santai, tanpa ada pemaksaan jalan cerita dan the lead Actor star pun melakukan adegan-adegan lucu. Gw memberikan point 9 dari 10 untuk atraksi ini!

The penguin
The stage of Fish Detective Sea Lion Show
The lead star
The attraction
The funny attraction
closing time
Applause time
-The End-

Setelah itu kami beranjak menuju atraksi selanjutnya yaitu Imagine Dolphin Show. Berhubung lokasi atraksinya berada di paling ujung, kami sempat melewati Ray Reef dan Little Penguin Point. Di dua lokasi ini, kita bisa melihat atraksi ketika mereka diberi makan. Pastikan jam atraksinya jangan terlewat ya..

Di Imagine Dolphin Show merupakan salah satu atraksi yang mempunyai kapasitas bangku cukup banyak. Sejauh mata memandang hanya terlihat air dan lumba-lumba yang asyik bermain. Yang cukup gw kagumi selama di Sea World, di tempat atraksi Fish Detectives Sea Lion Show dan Imagine Dolphin Show tidak mempunyai dinding pembatas (seperti pagar atau dinding kaca). Stage (kolam) dibuat menyatu dan dekat dengan penonton sehingga terkesan tidak ada jarak serta ramah dengan pengunjung. Selama pertunjukan pun tidak ada anak kecil yang tiba-tiba lari menuju pinggir kolam. Coba bayangkan kalau kita menonton atraksi lumba-lumba atau singa laut di Ancol, pasti kita akan melihat anak-anak kecil bermain (cenderung lari dengan kecepatan tingkat tinggi) ke pinggir kolam yang tidak lama kemudian akan disusul oleh lari-lari kecil orang tuanya (atau babysitter nya).

Tidak adanya pagar pembatas antara kolam dengan penonton

Back to topic..
Di Imagine Dolphin Show disuguhkan dengan atraksi lumba-lumba yang melompat tinggi serta atraksi kerjasama antara para pelatih dengan lumba-lumba. Agak berbeda dengan dengan Ancol, disini atraksi (kembali) dibuat dengan alami, sangat berkeprimanusiaan berkeprihewanan, tanpa ada pemaksaan kepada lumba (walau gw yakin mamalia yang satu ini termasuk golongan yang cerdas alhasil pasti mereka bisa melakukan apa saja yang diperintah pelatihnya). Ada satu atraksi dimana di terdapat 2 penonton yang dapat memegang lumba-lumba langsung dan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan mereka. Dan Imagine Dolphin Show adalah atraksi terfavorit gw, gw memberikan point 10!

Official photographer
Dolphin attraction #3
Dolphin attraction #2
Dolphin attraction #4

Waktu pun sudah bergerak di jam 4, niatnya kami akan kembali ke pintu keluar dengan menggunakan monorail. Apa daya monorail selalu penuh dan kami pun akhirnya berjalan kembali. Oya, setelah pintu keluar Sea World ada yang menjual beberapa aksesoris Sea World dengan harga murah. Gw pun akhirnya tertarik membeli baju berwarna merah dengan tulisan Sea World untuk keponakan tercinta.

Note :

• Tidak banyak atraksi yang bisa dilihat di Sea World, jadi kalau mau datang siang pun kalian tidak akan menyesal karena atraksi utama tetap bisa dinikmati. Tapi bagi orang tua yang membawa anak harus datang dari pagi karena terdapat atraksi Dora Adventure Show dan water park yang akan dinikmati oleh anak-anak.
  • Untuk pemilihan showtime, pihak Sea World sudah membuat jadwal showtime sesuai dengan jalur jalan dari depan menuju bagian belakang Sea World. Tapi tetap perhatikan Jadwal Show Time ya karena ada beberapa area yang dibuat menarik sehingga kita bisa lupa waktu.
  • Sea World tidak menjual Halal Food, jadi kalau mau berhemat dan yakin dengan tingkat kehalalannya, saran gw sih bawa makanan ya. Tapi disini pun dijual vegetarian food yang bisa menjadi alternatif makan.
  • Sea World menyediakan Prayer Room yang berlokasi di bawah Monorail Main Station
Price 10 Aud

Dari bus stop kami kembali naik bus no 750 untuk kembali ke hotel. Rencananya malam ini kami akan berjalan disekitar hotel untuk makan malam dan mencari suvenir (read:kulkas magnet) khas Gold Coast.
Disebrang hotel gw sempat melihat ada toko yang menjual kebab dengan tulisan Halal, so malam ini kita (emmm…sebenarnya gw yang lebih niat makan πŸ˜€ ) berencana untuk makan kebab. Tokonya bernama Sahara , disini mereka menjual beraneka ragam jenis makanan. Agak bingung mau makan apa, tapi sepertinya perut sudah terlalu lapar jadi gw memutuskan membeli paket Kebab (mix lamb dan chicken) plus nasi. Untuk rasa, i like it a lot dan dagingnya pun lembut!!! Delicious….!!! *jilat 5 jari tangan*
Ini adalah daging kebab terenak yang gw makan selama di Osi! Huraaayyy….

The menu
Halal certificate
My delicious dinner ; 11,5 Aud

Selesai makan, kami pun mencari tempat suvenir yang berada disekitar hotel. Berhubung kami tidak banyak melihat toko yang menjual suvenir dengan harga miring, sesuai dengan blog Kaki Berangan kami mampir ke toko George Souvenirs yang berlokasi di Hanlan Street . Beberapa harga suvenir relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga suvenir di Melbourne, jadi gw hanya membeli beberapa magnet khas Gold Coast.

10 Aud untuk 3 magnet

Selesai berjalan disekitar Surfer Paradise, kami kembali menuju hotel. Berhubung besok pagi sebelum ke Movie World kami berencana akan ke pantai jadi kami memutuskan kembali ke hotel lebih awal…