[Korea Selatan] Day 6 – Back To Indonesia

Hari ini kami akan kembali ke Indonesia…! *nangis meraung-raung di pojokan*

Setelah sarapan pagi dan check out, kami berangkat jam 1/2 7 untuk menuju Incheon International Airport mengingat kami akan take off jam 10 dan membawa koper yang berat. Tante Anne dan Epoy kali ini ikut serta mengantar kita untuk survey perjalanan menuju bandara. Sama seperti perjalanan berangkat sebelumnya kami naik A’REX untuk menuju bandara. Setelah tiba di bandara kami pun check in, namun ternyata connecting flight dari Denpasar – Jakarta mundur dari jadwal tanpa ada informasi perubahan jadwal sebelumnya. Sempat berargumen dengan petugas check in, namun mereka tidak punya otoritas untuk mengganti jadwal flight di Indonesia dan akhirnya kami pun pasrah saja.

Setelah check in, kami masuk ke dalam bandara. Kami tidak sempat berkeliling-keliling di Incheon International Airport. Setiba di gate, tidak lama kemudian sudah ada panggilan untuk boarding… *tarik nafas*
It’s hard to say good bye! *nangis bombay*

Incheon International Airport
Jalan penghubung dari A'REX menuju Incheon International Airport
Jalan penghubung dari A’REX menuju Incheon International Airport

Boarding..

Sesampai di Ngurah Rai International Airport, kami turun dari pesawat, berjalan menuju Imigrasi, mengambil bagasi, pemeriksaan bagasi, menarik koper menuju Terminal Domestik, berargumen dengan petugas Garuda karena sudah memundurkan jadwal pesawat dan check in kembali untuk menuju Jakarta. Setelah check in, kami masuk menuju ruang tunggu domestik dan tak lama kemudian panggilan boarding untuk menuju Jakarta bergema.

Welcome back to Jekardah,bebih!

Note : Gw sempat membaca dari beberapa cerita kalau untuk tiket promo (Early Bird) Garuda ada yang bermasalah dengan jadwal penerbangan. Di cerita yang gw baca, Garuda memajukan jadwal penerbangan tanpa pemberitahuan sebelumnya sehingga penumpang tersebut tertinggal pesawat dan dia harus membeli tiket baru yang harganya sangat mahal. Sedangkan pesawat yang gw naiki mundur dari jadwal sebelumnya. Next time, kalau memang dapat tiket promo Garuda coba di cek terlebih dahulu untuk jadwal keberangkatannya ya.