[Korea Selatan] Housetay, Seoul

Housetay
Housetay

Topik kali ini adalah bagaimana menjatuhkan pilihan hostel selama di Seoul.

Dari awal memang gw sudah meniatkan diri untuk menginap di daerah Hongdae (Hongik University). Ketika gw mulai mensearching, rate harga hostel didaerah Hongdae termasuk standar. Tapi intinya sih ada harga ada barang, kalau mau penginapan yang dekat dengan kota harga pasti akan mahal dan budget untuk transportasi bisa ditekan, semakin menjauh dari kota maka harga penginapan akan murah tapi dengan konsekuensi budget transportasi akan meningkat dan memakan waktu perjalanan.

Pencarian pun dimulai untuk daerah Hongdae..
Gw membagi Hongdae menjadi dua daerah, yaitu :

  1. sejajar dengan Hongik University seperti Hey Bacpackers, Hey Bacpackers 2, Housetay dan Come Inn
  2. daerah yang berseberangan dengan Hongik University seperti Ann Guesthouse, Hongdae Guesthouse, Seoul i Guesthouse dan Pencil Gusethouse

Gw lebih memilih untuk daerah yang sejajar dengan Hongik University, dengan alasan :

  1. Daerah ini lebih ramai dengan cafe, tempat  makan, bar, supermarket, pertokoan dibandingkan diseberangnya –> yang berarti banyak berondong bermuka porselen ituh bertebaran dunk
  2. Aktifitas kehidupan disini lebih hidup, dikarenakan alasan yang di point pertama
  3. Merupakan lokasi Hello Kity Cafe dan Cooking Nanta (walaupun akhirnya gw juga gak sempet jalan kesana juga sih) –> hampir menjadi alasan utama

Dan pilihan pun akhirnya jatuh di Housetay dengan alasan Ann Guesthouse sudah full dan dari gambar webnya Housetay, penginapan ini terlihat sangat cozy.

Gw coba searching harga termurah yang bisa didapatkan dari www.hostelbookers.com , www.hostel.com dan www.hostelworld.com, iseng-iseng gw mencoba mengkontak Housetay di housetay@gmail.com dengan pengharapan bisa mendapat harga diskon. Harapan berbuah manis, gw dapat harga diskon untuk kamar triple dengan harga 75.000 Won/kamar untuk 3 day, 1 day free.. Yeaaayyy… *Joget*
Untuk kamar Tante Anne dan Epoy dipesan setelah kita bertiga sudah mendapatkan harga diskon dengan Housetay. Setelah bergerilya kesana kemari, mereka mendapatkan harga murah untuk kamar twin  melalui hostelbookers.

Pada hari H-nya, gw naik A’REX menuju Hongdae. Hongik Univ Station adalah stasiun ke tujuh dari Incheon International Airport Station, dengan memakan waktu kurang lebih 40 menit. Untuk informasi A’REX bisa dilihat di http://english.arex.or.kr/jsp/eng/index.jsp.
Kita turun di Hongik University Station dan keluar dari pintu exit #7, Airport Line. Gw agak ribet ketika harus bolak-balik mengangkat koper dari tangga menuju trotoar. Biasanya gw prefer membawa ransel ketika harus bertravelling, alasannya sih karena lebih mudah dibawa, simple, ringkas dan tidak banyak memakan tempat.

Menuju exit gate #7 Hongdae Univ Station, Airport Line *taken from Iin cam*
Menuju exit gate #7 Hongdae Univ Station, Airport Line *taken from Iin cam*
Map Housetay
Map Housetay

Keluar dari stasiun, gw sempet celangakcelinguk sekitar 5 menit. Patokan awal mencari Family Mart, tapi Family Mart yang dicaripun tidak tampak. Gw keluarkan peta Hostel dan gw sesuaikan dengan arah jalan dan tulisan Hangul. Tetep ajah gak kliatan itu supermarket.

Akhirnya gw pun mencari korban untuk  bertanya (atau mengorbankan diri ya) kepada seorang Ahjussi berpakaian Jas! Dengan asumsi dia memakai jas siapa tahu dia bisa bahasa Inggris.Dan ternyata asumsi gw buyaaaarrr!
Dia tidak ngerti bahasa Inggris!!!! Teng-tong…

Gw mencoba berbicara pelan-pelan, menunjukan peta yang gw pegang, itu Ahjussi dengan menggunakan bahasa isyarat meminta kita untuk menunggu diam ditempat. Dia pun akhirnya berjalan ke arah yang berlawanan dari kita berdiri, gw pun sempet bengong melihat Ahjussi nya ko mau ribet banget ya ikut nyariin. Kemudian dia kembali, meminta kita untuk mendekatinya dan dia menunjukan Family Mart. Wow, He’s so Nice!!!
Gamsahamnida, Ahjussi!!!!

Family Mart yang ditunjuk oleh Ahjussi
Family Mart yang ditunjuk oleh Ahjussi

IMG_2815

Kita pun berjalan menuju Family Mart yang Ahjussi tunjuk. Sambil menggerek koper diatas trotoar yang tidak beraturan itu, gw mulai bertanya-tanya ko kita sudah hampir menuju jalan utama dan pintu exit dari Subway. OK, berarti kita nyasar, Saudara2!!!

Jalan Utama
Jalan Utama yang merupakan pertanda kita nyasar!

Kita pun bertanya ulang lagi kepada Bapak Tukang Sapu (yang pasti dia ngeberesin sampah di pinggir trotoar) dan dijawab dengan Bahasa Korea. Dari jawabannya kita disuruh menyebrang jalan utama. Hmmm… Berarti dia lebih salah lagi. Kita berjalan kembali ketempat semula nyasar dan menyusuri trotoar yang sesuai dengan peta.

Pelan-pelan kita berjalan sambil melihat kondisi Hongdae yang sudah mulai ramai oleh para pemuda-pemudi. Sepanjang jalan banyak cafe dan  toko2 pakaian yang menjual coat dan boot *tutup mata liat harganya*
Hingga akhirnya tampak tulisan Chir-Chir Chicken, akhirnya kita tidak nyasar!!!! Yeay….

Melihat dari tampak luar, penampilan Housetay sama persis dengan gambar yang ada di website. Tapi ketika melihat ada tangga lagi, Oh NOOOO…. Gw harus mengangkat koper lagi???? %#@^%*$#^%#@!$^&*%^*

Penampakan Housetay
Penampakan Housetay
Housetay tampak depan
Housetay tampak depan
The triple room
Inside of triple room #1
The triple room
Inside of triple room #2
Inside of triple room #3
Inside of triple room #3

Hari itu kita disambut seorang Oppa keceh yang sayang sekali gw gak sempat mengabadikannya di kamera. Oppa keceh menunjukan kamar gw, Iin dan Mbak Wiwid berada di Basement sedangkan Tante Anne dan Epoy berada di Lantai satu. Selama memberikan tour guide di hostel, gw mencoba mendengar seksama apa yang dia bicarakan. Agak susah mencerna apa yang dia ceritakan karena dari beberapa orang Korea yang gw ajak bicara sepertinya mereka sukar menyebut pronunciation dengan huruf ‘R’.
Mengenai acara menyasar sebelumnya, Si Oppa bercerita kalau Family Mart yang ada di peta sudah pindah tempat dan berganti nama. Hmmm…. Mau sampai kapan pun tidak akan ketemu deh itu Family Mart!?!?!?!?! *tepok jidat*

Housetay terdiri dari 3 lantai, yaitu basement, lantai 1 dan lantai 2. Di Basement terdiri dari 2 kamar, 1 kamar mandi, 1 toilet (berada diluar basement), ruang makan dan dapur kecil. Di lantai 1 terdiri dari common room ( ada TV, komputer dan sofa), 3 kamar, 1 kamar mandi, meja makan, dapur dan gudang. Di lantai 2 terdiri dari 4 kamar dan 2 kamar mandi. Sesampai dikamar, gw puas dengan tampilan kamar yang sesuai di website. Untuk informasi lebih lanjut bisa di klib web Housetay di http://www.housetay.com

Tanpa bermaksud promosi niiiihh, gw merekomendasikan Housetay sebagai tempat penginapan yang wokeh. Memang selama gw disana, gw jarang menggunakan fasilitas (secara maksimal)  yang mereka punya karena kita selalu jalan pagi hari dan pulang selalu diatas jam 10 malam. Kamar gw bertiga berada di Basement dimana akses dari luar langsung menuju ke kamar, didepan kamar pun tersedia kulkas, meja ruang makan dan dapur versi minimalis (hanya untuk mencuci piring) yang alhasil membuat gw cukup puas dengan leyeh-leyeh di ruang makan dan jarang naik ke lantai 1.  Biasanya kita menggunakan dapur ketika malam hari untuk mengambil air panas ataupun menghangatkan nasi. Kamar Epoy dan Tante Anne berada di lantai 2,  untuk suasana ruangan di lantai 2 berbeda dengan basement dan menurut gw pribadi masih enakan di basement dunk (secara ada dapur dan kulkas!). Penjaga Housetay pun ramah-ramah, mereka selalu stand by di depan Common Room, pasang muka bingung sedikit pasti langsung ditanya sama mereka.Hehehe…

Oya, untuk sekedar informasi, orang (kota) Indonesia memang cenderung malas untuk berjalan. Jadi kalau memang kita lebih banyak menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki, gw sarankan agar memilih penginapan dengan jarak (sangat) terdekat dari stasiun ataupun halte bis. Hampir setiap malam, ketika kami berjalan dari stasiun menuju hostel merupakan penyiksaan teramat sangat kejam karena kaki sudah tidak bisa diajak kompromi. Dan jika di Website resmi mereka bilang perjalanan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit, Pastikan kamu menambah 5-10 menit perjalanan menjadi 20 menit ya karena gw yakin ritme orang (kota) Indonesia tidak bisa mengikuti ritme berjalan orang Korea.

We're in Hongdae!
We’re in Hongdae!

IMG_4341IMG_2818

eye catching!
eye catching!
Shopping area at Hongdae
Shopping area at Hongdae
Baby things
Baby things
The coffee shop
The coffee shop
Leave a Reply

